GP Ansor: Isu Rizieq Pulang Sengaja Agar Simpatisan Ingat

CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 13:25 WIB
Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menilai isu kepulangan Rizieq Shihab sengaja diciptakan agar terus diingat oleh para pendukungnya. Imam besar FPI Rizieq Shihab dikabarkan akan kembali ke Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Yaqut Cholil Qoumas menilai isu kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab sengaja diciptakan agar simpatisannya terus ingat. Menurutnya, banyak di antara mereka yang sudah mulai melupakan Rizieq.

"Dugaan saya, begini ini [kepulangan Rizieq] sengaja diciptakan, disengaja, agar orang yang sudah mulai melupakan dia, kembali ingat," kata Yaqut kepada CNNIndonesia.com, Selasa (27/10).

Yaqut menuturkan boleh saja Rizieq memiliki harapan dan rencana untuk pulang ke tanah air. Selama ini Rizieq juga kerap berbicara dan berjanji kembali ke Indonesia namun tak kunjung dilaksanakan sampai saat ini.


"Soal benar pulang atau tidak, kan sudah berulang-ulang dia ngomong mau pulang, dan nyatanya enggak pulang-pulang," kata Yaqut.

Pada 21 Februari 2018, sempat beredar kabar bahwa Rizieq sudah memesan tiket pesawat Saudi Arabian Airlines untuk kembali ke Indonesia. Tiket itu tertulis bahwa Rizieq akan tiba pada pukul 09.00 WIB.

Meski demikian, Rizieq tak kunjung menampakkan diri di Indonesia. Padahal, para simpatisan yang ingin menyambut sudah berkumpul di sekitar area parkir Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Yaqut menyarankan agar publik menunggu terkait kebenaran Rizieq untuk kembali ke tanah air pada momentum saat ini.

"Benar enggak dia kembali ke tanah air saat ini," kata Yaqut.

Sebelumnya, Rizieq mengklaim segera pulang ke tanah air dalam waktu dekat untuk berjuang bersama umat Islam. Pengakuan itu didapatkan dalam video yang viral di media sosial Twitter.

"Di mana Insyaallah kalau tak ada halangan, saya dan sekeluarga akan kembali ke tanah air. Insyaallah dalam waktu dekat, saya kembali ke Indonesia ke tanah air. Dan kembali berjuang bersama umat Islam di kita punya negeri tercinta," kata Rizieq.

Saat dikonfirmasi, Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro mengklaim Rizieq sudah mendapatkan konfirmasi dari otoritas Arab Saudi bahwa syarat administratif untuk bisa kembali ke tanah air sudah rampung.

Meski demikian, ia tak mengetahui kapan waktu persisnya Rizieq akan kembali pulang ke tanah air.

(rzr/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK