Ganjar Unggul di Survei Pilpres, PDIP Tunggu Keputusan Mega

CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 20:33 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya menunggu keputusan Megawati terkait calon yang akan diusung dalam Pemilu Presiden 2024. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri, selaku ketua umum terkait calon yang akan diusung dalam Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Hal ini terkait keunggulan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam survei elektabiltas calon presiden yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia. Ganjar sendiri diketahui merupakan kader PDIP.

Hasto menuturkan sesuai mekanisme partai maka Megawati yang berwenang menentukan siapa calon yang bakal diusung sebagai capres maupun cawapres.


"Mekanisme yang dibangun di partai telah menempatkan Ibu Megawati Soekarnoputri Ketum PDIP dengan mandat yang diberikan oleh kongres untuk menentukan pasangan calon tersebut," kata Hasto dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (28/10).

Bagi PDIP, kata Hasto, pemimpin merupakan representasi dari rakyat. Karenanya, Megawati selaku ketum, tentu memiliki berbagai pertimbangan dengan melihat kepentingan bangsa dan negara.

Kendati demikian, Hasto menyebut PDIP terus melakukan fungsi pendidikan dan kaderisasi dalam rangka mempersiapkan calon untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Skala prioritas yang dilakukan oleh partai adalah kerja untuk rakyat, memberikan direction terhadap pergerakan rakyat terlebih di tengah pandemi ini. Dan partai terus melakukan fungsi pendidikan dan kaderisasi politik," tuturnya.

Lebih lanjut, Hasto menuturkan bahwa sesuai ajaran Megawati, berpolitik itu bukan sekadar memoloti hasil survei.

"Saya selalu bilang survei boleh dilihat, tapi jangan dipegang. Hari ini keluar survei, besok pagi pasti sudah berubah," ucap Hasto.

Sebelumnya, survei Indikator Politik menempatkan nama Ganjar di urutan pertama dengan elektabilitas 18,7 persen.

Berdasarkan survei itu, nama Ganjar mengungguli Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"September ini kami melakukan lagi survei, Ganjar berada di tingkat pertama di tiga survei terakhir. Kemudian disusul Prabowo dan Anies di tingkat ketiga," kata Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei nasional pihaknya yang bertema 'Politik Demokrasi, dan Pilkada di Era Pandemi', secara daring, Minggu (25/10).

(dis/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK