Wali Kota Solo Larang Warga Nonton Bareng Debat Gibran-Bajo

CNN Indonesia | Kamis, 05/11/2020 14:47 WIB
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo melarang warga menggelar acara nonton bareng debat Pilkada Solo untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat menjalani pemeriksaan kesehatan. (CNN Indonesia/Rosyid)
Solo, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo bakal menggelar debat perdana calon kepala daerah, Jumat (6/11). Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengimbau agar masyarakat tidak mengadakan acara nonton bareng (nobar) debat publik tersebut.

Pria yang akrab disapa Rudy itu khawatir masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan selama menonton bareng debat publik. Sebaliknya ia menyarankan warga menonton debat melalui televisi.

"Saya takutnya kalau nonton bareng terus tidak menjaga protokol kesehatan. Saran saya tidak usah nobar. Nonton di HP sendiri-sendiri saja," katanya, Kamis (5/11).


Acara debat diikuti oleh dua pasangan calon kepala daerah Solo. Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP dan delapan partai lainnya melawan Bagyo Wahyono-FX Suparjo (BaJo) dari jalur independen.

Rudy yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Solo mengaku akan mendampingi pasangan Gibran-Teguh di debat perdana besok. Namun tak menutup kemungkinan Rudy absen dari acara tersebut. Apalagi KPU membatasi masing-masing pasangan calon didampingi maksimal empat orang.

"Saya nanti mungkin hadir kalau tidak ada acara. Tapi kalau saya enggak datang pun juga enggak masalah. Ketua dan sekretaris tim pemenangan kan sudah cukup," katanya.

Debat rencananya digelar tertutup di The Sunan Hotel Solo pukul 19.00 WIB. KPU sempat menyatakan acara debat tidak akan disiarkan di stasiun TV karena minim anggaran. Namun belakangan KPU bekerja sama dengan salah satu stasiun TV swasta sehingga acara debat ditayangkan tanpa biaya.

Selain itu, KPU juga akan tetap menyiarkan secara langsung acara debat melalui kanal Youtube resmi KPU Solo.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan pihaknya mengalokasikan total waktu 120 menit dengan rincian 90 menit untuk debat dan 30 menit untuk iklan layanan masyarakat (ILM).

Acara debat sendiri dibagi menjadi delapan segmen yaitu pembukaan, pemaparan visi-misi, lima segmen debat, dan penutup.

"Untuk iklan semuanya dari KPU Solo. Tidak ada iklan komersial," katanya.

(syd/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK