Muannas Laporkan Maaher ke Polisi Soal Ucapan Ke Habib Luthfi

CNN Indonesia | Senin, 16/11/2020 22:10 WIB
Unggahan Ustaz Maaher At-Thuwailibi dianggap telah menghina habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Muannas Alaidid. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemilik akun Twitter @ustadzmaaher_ dilaporkan seseorang bernama Husin Shahab ke Bareskrim Polri pada Senin (16/11) terkait dugaan penghinaan terhadap habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Pengacara pelapor, Muannas Alaidid, mengatakan pelaporan ini untuk memberikan efek jera dan diharapkan ditanggapi kepolisian.

"Sudah melaporkan secara resmi Maaher At-Thuwailibi atau yang nama aslinya Soni Eranata ke Bareskrim Polri dengan dugaan tindak pidana penghinaan, pencemaran nama baik, serta ujaran kebencian melalui ITE," kata Muannas kepada wartawan, Senin (16/11).

Tak hanya menghina habib Lutfi, menurut Muannas, penghinaan yang dilakukan Muannas bukanlah yang pertama.


"Dia [Maaher] juga pernah melakukan penghinaan kepada pihak kepolisian, dia juga pernah melakukan penghinaan terhadap Kyai Ma'ruf, Kyai Said, dan ulama lain," ucap Muannas.

Atas dasar itu, kata Muannas, maka penindakan tegas terhadap Maaher perlu dilakukan. Hal itu dikatakan untuk memberikan efek jera terhadap yang bersangkutan.

Muannas berharap kepolisian dapat menindaklanjuti laporan terhadap Maaher tersebut.

"Mohon diatensi pak Kapolri, pak Dittipisiber agar hukum dapat berlaku," ujarnya.

Laporan itu diterima dengan nomor laporan LP/B/0649/XI/2020/BARESKRIM pada tanggal 20 November 2020. Dalam laporan itu pihak pelapor dijelaskan adalah Husin Shahab, sedangkan pihak terlapor yakni pemilik akun Twitter atas nama Ustaz Maaher At-Thuwailibi Official.

Pasal yang dilaporkan yakni tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik dan/atau hatespeech Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) dan atau Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dugaan penghinaan oleh Maaher itu kembali mencuat setelah Nikita Mirzani mengunggahnya di akun Instagram.

Dalam unggahannya itu, Nikita menampilkan tangkapan layar cuitan yang dibuat oleh Maaher. Cuitan itu berupa foto habib Lutfi yang disertai dengan keterangan "Iya tambah cantik pakai jilbab..Kayak kyainya Banser ini ya.."

[Gambas:Instagram]

Terkait unggahan itu, Maaher pun menyampaikan klarifikasi lewat cuitan di akun Twitter miliknya.

"SOAL FOTO HABIB LUTFI BIN YAHYA, sudah sy klarifikasi. Cebong paling bisa giring opini seakan sy menghina Habib Lutfi Bin Yahya, NA'UDZUBILLAH. Semoga Allah menjaga seluruh Dzurriyah Nabi Sy akan ttap fokus untuk tumpas sampah masyarakat penghina IB HRS," demikian cuitan Maaher.

(dis/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK