PILKADA SURABAYA

Debat Pilkada Dekat Posko Machfud, PDIP Surabaya Tak Gentar

CNN Indonesia | Rabu, 18/11/2020 15:17 WIB
KPU memindahkan lokasi debat kedua Pilkada Surabaya dekat posko pemenangan Machfud-Mujiaman. PDIP mengaku tak merasa dirugikan. Lokasi debat kedua Pilkada Surabaya berdekatan dengan posko pemenangan paslon Machfud Arifin-Mujiaman (ANTARA FOTO/MOCH ASIM)
Surabaya, CNN Indonesia --

Lokasi debat publik kedua Pilkada Kota Surabaya yang dihelat Rabu malam (18/11) dipindah ke Dyandra Convention Center. Tak jauh dari posko pemenangan paslon Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno.

Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi mengatakan pemindahan lokasi debat dilakukan berdasarkan hasil evaluasi debat pertama yang sebelumnya digelar di Hotel JW Marriott, Surabaya.

Di lokasi debat yang baru, yakni di Dyandra Convention Center, petugas bisa lebih ketat melakukan penjagaan orang yang masuk. Berbeda dengan hotel, massa pendukung bisa menyaru sebagai tamu.


"Karena satu memang lembaga penyiaran yang kami tunjuk sebagai mitra dapatnya tempat itu. Yang kedua Dyandra mudah dijangkau terus pintu masuk satu sehingga screening pendukung untuk masuk lokasi relatif lebih mudah," kata Nur Syamsi.

Meski lokasi debat nanti berdekatan dengan posko Machfud-Mujiaman, di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Syamsi menegaskan tak ada tendensi apapun dalam pemindahan itu.

Menanggapi pemindahan lokasi debat, Wakil Sekretaris PDI Perjuangan Surabaya, Ahmad Hidayat mengaku tak keberatan. Dia tidak merasa dirugikan.

Diketahui, PDIP mengusung paslon Eri Cahyadi-Armuji di Pilkada Kota Surabaya.

"Kami lihat ya nggak juga, tentu pemindahan dan pemilihan lokasi itu ditentukan dengan pertimbangan," kata Ahmad, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Ia menilai pemindahan lokasi debat itu juga belum tentu menjadi keuntungan Machfud-Mujiaman. Unggul tidaknya para kandidat akan dilihat dari kualitas paparan dan program pada debat nanti.

"Kita melihatnya adalah masyarakat sudah bisa menilai keunggulan akan ditentukan dengan kualitas penyampaian program maupun bagaimana cara mengatasi masalah dan substansi," ucapnya.

Ratusan kader PDIP Surabaya mengantarkan pasangan Eri Cahyadi-Armuji mendaftar sebagai calon wali kota-calon wakil wali kota ke KPU Surabaya, Jumat (4/9).Kubu paslon Eri Cahyadi-Armuji tak merasa dirugikan ketika KPU memindahkan lokasi debat jadi dekat dengan posko pemenangan paslon Machfud Arifin-Mujiaman (CNN Indonesia/Farid)

Persiapan

Paslon nomor urut 1 Eri Cahyadi-Armuji mengklaim tak memiliki persiapan khusus, sedangkan paslon urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman mengaku melakukan sejumlah persiapan.

"Paslon [Eri-Armuji] sendiri tetap melakukan aktivitas seperti biasa, tidak ada persiapan khusus," kata Juru Bicara Eri-Armuji, sekaligus Wakil Sekretaris PDI Perjuangan, Ahmad Hidayat, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (18/11).

Ia mengatakan Eri-Armuji telah siap dan akan memaparkan programnya dalam tema 'Peningkatan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat Surabaya' dalam debat yang dihelat nanti malam.

"Insyaallah kami sudah memahami kondisi dan apa yang akan disampaikan nanti saat debat. Paslon akan menyampaikan dan sudah menampung aspirasi masyarakat," katanya.

Sementara itu, calon wakil wali kota nomor urut 2, Mujiaman mengaku dirinya rileks menghadapi debat publik kedua Pilkada Surabaya, nanti.

Mujiaman mengaku dirinya dan Machfud Arifin telah mengetahui permasalahan kesejahteraan yang ada dan sudah memiliki jalan keluarnya.

"Tema Layanan dan peningkatan kesejahteraan ini menu kesukaan kami," ujarnya.

Mujiaman mengatakan pihaknya mematangkan persiapan bersama-sama dengan Machfud dan tim. Ada banyak temuan yang sudah ia kantongi untuk bekal mengentaskan permasalahan yang ada.

"Tidak perlu pencitraan tapi layanan yang mudah dan dekat," ucap dia.

(frd/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK