Putri dan Mantu Rizieq Mangkir Pemeriksaan soal Pernikahannya

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 17:40 WIB
Putri dan mantu Rizieq Shihab tak hadiri dalam penggilan pemeriksaan polisi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara pernikahan mereka. Suasana acara pernikahan putri Rizieq Shihab dan Maulid Nabi Muhammad SAW di Markas FPI kawasan Petamburan, Jakarta, Sabtu, 14 November 2020. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Putri dan mantu pimpinan Front Pembela Islam (FPIRizieq Shihab mangkir dari pemeriksaan yang dijadwalkan penyidik Polda Metro Jaya pada Jumat (20/11).

Pemeriksaan itu dilakukan guna mendalami dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi pada pernikahan mereka di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11) lalu.

"Lima orang ini tidak hadir dan belum ada konfirmasi, belum ada alasan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (20/11).


Ramadhan menyebutkan selain putri Rizieq Shihab, Najwa Shihab; dan menantu Rizieq, Muhammad Irfan Alaydrus, tiga orang lainnya juga mangkir dari pemeriksaan itu.

Ketiganya yaitu Humas FPI berinisial HA, penyewa tenda berinisial I, dan terakhir HA bin A yang merupakan anggota keluarga Rizieq Shihab.

Sementara, kata Ramadhan, dua orang saksi yang menghadiri undangan pemeriksaan tersebut adalah Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dan seorang perwakilan dari BPBD DKI Jakarta.

"Dua orang saksi yang hadir, sesuai protokol kesehatan telah dilakukan pemeriksaan rapid swab dan hasilnya nonreaktif," ucap dia.

Penyelidikan ini dimulai dengan meminta klarifikasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan delapan orang lainnya.

Anies diklarifikasi untuk menjelaskan status Jakarta di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Di hari berikutnya, polisi meminta klarifikasi dari ketua panitia acara dan tiga orang lainnya. Kemudian di hari ini, polisi meminta keterangan dari Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti, senior manager aviation security Bandara Soetta, serta pihak ketua panitia.

Selain itu, aparat juga mendalami dugaan pelanggaran yang sama dalam kegiatan Rizieq di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Polisi pun meminta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk diklarifikasi terkait implementasi Pergub penanganan Covid-19 di wilayahnya.

(mjo/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK