Jelang HUT OPM, Polri Patroli Besar-besaran di Papua

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 23:17 WIB
Polri bersama TNI bakal patroli besar-besaran di Papua jelang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka pada 1 Desember. Ilustrasi personel Polri (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polri bakal menggelar patroli besar-besaran menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang biasa diperingati pada 1 Desember mendatang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI dalam menjaga keamanan di Papua.

"Kami bersama TNI yang akan melaksanakan patroli besar terkait dengan mengantisipasi, mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata Awi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/11).


Selain itu, Polri juga bakal menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh agama, masyarakat, dan suku, dengan tujuan membuat situasi keamanan di tetap kondusif.

Awi tidak merinci berapa banyak personel yang dilibatkan dalam patroli keamanan jelang peringatan ulang tahun OPM. Dia hanya berharap situasi tetap kondusif di Papua.

"Kami berharap tidak ada yang berusaha melaksanakan acara-acara memperingati 1 Desember, yaitu hari OPM ya," ucapnya.

OPM adalah organisasi yang dipelopori sejumlah tokoh Papua. Mereka ingin Papua merdeka menjadi negara sendiri.

Selama ini, bahkan sudah bertahun-tahun, OPM kerap kontak tembak dengan aparat keamanan TNI/Polri di Papua. Tak sedikit warga sipil yang menjadi korban.

Laporan Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) berjudul The Current Status of the Papuan Pro-Independence Movement pada 2015 lalu menyebutkan bahwa banyak kelompok pecahan OPM berbasis di luar negeri seperti di Pasifik, Eropa, hingga Amerika Serikat.

Organisasi-organisasi tersebut berupaya menghimpun dukungan internasional untuk kemerdekaan Papua. Salah satu di antaranya adalah West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) dan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

(mjo/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK