Penyidik KPK Datangi Gedung KKP Usai Penangkapan Edhy Prabowo

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 13:25 WIB
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, setidaknya lima penyidik KPK mendatangi kompleks KKP yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakpus, Rabu siang. Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jalan Medan Merdeka Timur tampak tertutup rapat usai kabar Menteri KKP Edhy Prabowo ditangkap KPK, Rabu pagi (25/11/2020). (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kompleks Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (25/11) siang. Untuk diketahui, pada Rabu dini hari tadi, Menteri KKP Edhy Prabowo telah ditangkap KPK.

Dari pantauan CNNIndonesia.com siang ini, penyidik KPK itu tiba tepat pukul 12.54 WIB dengan menggunakan tiga mobil Inova. Terlihat, total ada sekitar lima orang penyidik yang masuk ke dalam gedung.

Lima penyidik ini membawa alat segel bertuliskan disegel dan beberapa berkas. Kelimanya tak memberi keterangan apapun saat memasuki gedung.


Selepas lima penyidik itu masuk, gerbang masuk Gedung Mina Bahari kembali ditutup. Para wartawan pun dilarang ikut memasuki area komplek kementerian tersebut.

Sebelumnya, KPK mengamankan total 17 orang dalam kasus dugaan tipikor izin ekspor benih lobster. Beberapa yang ditangkap itu adalah Menteri KKP Edhy Prabowo beserta istrinya, Iis Rosita Dewi, yang juga anggota Komisi V DPR RI dari fraksi Gerindra.

"Jumlah yang diamankan petugas KPK seluruhnya saat ini 17 orang, di antaranya adalah menteri kelautan dan perikanan beserta istri dan beberapa pejabat di KKP. Di samping itu juga beberapa orang pihak swasta," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya lewat aplikasi pesan, Rabu (25/11) siang.

Ia mengatakan lokasi penangkapan hingga belasan orang itu dilakukan hingga Rabu dini hari di tempat-tempat yang berbeda.

"KPK mengamankan sejumlah pihak di beberapa lokasi di antaranya Jakarta dan Depok Jabar, termasuk di Bandara Soekarno Hatta sekitar jam 00.30 WIB," ujar Ali.

Ali mengatakan kasus yang diselidiki pihaknya ini diduga terkait dengan proses penetapan calon exportir benih lobster. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Edhy Prabowo dkk tersebut.

"Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan Edhy ditangkap di Bandara Soetta setelah kembali dari kunjungan kerja ke Hawai, Amerika Serikat (AS).

(tst/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK