Ma'ruf Amin Jabat Ketua Dewan Pertimbangan MUI

CNN Indonesia | Jumat, 27/11/2020 01:55 WIB
Wapres Ma'ruf Amin terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI masa bakti 2020-2025, menggantikan Din Syamsuddin. Wapres Ma'ruf Amin terpilih sebagai Ketua Wantim MUI. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bakti 2020-2025.

Ia terpilih berdasarkan musyawarah yang dilakukan oleh 17 Tim Formatur yang dipilih oleh peserta Munas X MUI yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (26/11) malam.

"Ketua Dewan Pertimbangan yaitu Ma'ruf Amin," kata Ma'ruf yang bertindak sebagai anggota Tim Formatur Munas MUI X, Jumat (27/11) dini hari, disambut tepuk tangan hadirin.


Ma'ruf menjadi Ketua Wantim MUI ke-2 sejak struktur ini dibuat berdasarkan hasil Munas 9 MUI di Surabaya tahun 2015 lalu. Ia menggantikan posisi Din Syamsuddin yang terlebih dulu menjabat posisi ini periode 2015-2020.

Ma'ruf sendiri saat ini masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI ke-13. Ia sempat menjabat sebagai Ketua Umum MUI periode 2015-2020.

Sebelum menjadi Ketua Umum MUI, Ma'ruf sudah makan asam garam di struktur kepengurusan MUI. Ia pernah menjadi Ketua Komisi Fatwa MUI yang bertanggung jawab soal pelbagai penerbitan fatwa MUI.

Sementara itu Miftachul Akhyar resmi terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bakti 2020-2025. Miftachul Akhyar saat ini masih menjabat sebagai Rais Aam PBNU.

Penyelenggaraan Munas X MUI kali ini berbeda dengan penyelenggaraan Munas tahun-tahun sebelumnya karena digelar di tengah pandemi virus Corona.

Kali ini, Munas menggunakan protokol kesehatan pencegahan corona yang ketat. Para peserta Munas diselenggarakan dengan dua cara dengan melalui online dan offline.

(rzr/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK