Alasan Privasi, FPI Rahasiakan Hasil Tes Swab Rizieq

CNN Indonesia | Sabtu, 28/11/2020 20:15 WIB
FPI menegaskan Rizieq Shihab sudah dinyatakan negatif Covid-19, namun enggan mengungkapkan bukti hasil tes swab. FPI mengklaim Rizieq Shihab negatif Covid-19, namun belum mau mengungkapkan hasil tes swab dengan alasan privasi (Arsip Tim Media PKS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar mengklaim Rizieq Shihab negatif virus corona (Covid-19). Namun, ia tidak mau mengungkapkan bukti hasil tes swab dengan alasan privasi.

"Kalau hasilnya sudah keluar atau belum, sepengetahuan saya sudah dan negatif. Kondisi beliau sehat," kata Aziz saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (28/11).

Aziz mengatakan bukti hasil tes swab adalah privasi seseorang. Termasuk Rizieq Shihab. Oleh karena itu, sejauh ini pihaknya belum mau mempublikasikannya.


"Tapi kalau ditanya buktinya, itu privasinya. Itu hak beliau. Sekarang kalau semua diswab, saya mau nanya, misalnya Presiden Jokowi diswab enggak waktu ketemu Donald Trump? Kalau diswab, mana buktinya," ujar dia.

Sebelumnya, Rizieq Shihab dirujuk ke Rumah Sakit Ummi Kota Bogor. FPI mengklaim Rizieq kelelahan dan hanya cek kesehatan.

Rizieq juga sudah bicara. Dia mengklaim hanya kelelahan karena begitu banyak menerima tamu usai kepulangannya dari Arab Saudi ke tanah air.

Beredar kabar pihak keluarga Rizieq menolak untuk menjalani tes swab. Kabar tersebut lalu ditanggapi serius oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dengan mendatangi langsung RS Ummi.

"Saya mendapat laporan dari Tim Dinas Kesehatan yang tadi sore datang ke RS UMMI, untuk membicarakan soal tes swab kepada Habib Rizieq," katanya, Jumat (27/11) dikutip dari Antara.

Hingga kemudian, Satgas Covid-19 Kota Bogor mengadukan RS Ummi ke Polresta Bogor Kota. Satgas Covid-19 Kota Bogor menganggap RS Ummi menutup-nutupi ihwal tes swab Rizieq Shihab.

"Iya, benar tadi malam kami bikin laporan polisinya. Laporan atas nama Satgas," kata Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas COVID-19 Kota Bogor, Agustiansyah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (28/11).

(yoa/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK