Kemenkes Ungkap Lurah Petamburan Jadi Klaster Baru Corona

CNN Indonesia | Senin, 30/11/2020 14:53 WIB
Kemenkes mengungkap ada empat klaster baru termasuk klaster Lurah Petamburan yang sempat berada di kerumunan Rizieq Shihab. Kemenkes ungkap klaster baru covid-19, termasuk Lurah Petamburan. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan ada 1.655 klaster virus corona (covid-19) berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Kesehatan hingga 29 November 2020.

Menurut Terawan, ada empat klaster covid-19 baru yang teridentifikasi oleh Kemenkes, salah satunya klaster Lurah Petamburan di Jakarta Pusat. Namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait penyebaran Covid-19 di klaster ini.

"Untuk klaster penyebaran, data terbaru yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan ada 1.655 klaster. Klaster baru penyebaran covid-19 di antaranya, perjalanan dinas dari Surabaya di Bangka Barat, Lurah Petamburan Jakarta Pusat, guru-guru di Kota Gorontalo, dan guru-guru di Bone Bolango," kata Terawan melalui keterangan tertulis, dikutip Senin (30/11).


Adapun Terawan meminta masyarakat terus melakukan gerakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk menghindari penularan covid-19.

Pihaknya juga akan menggiatkan upaya 3T berupa testing-tracing-treatment sebagai antisipasi lonjakan kasus covid-19 di daerah.

"Pemerintah wajib melakukan 3T, sedangkan masyarakat wajib melakukan 3M, pembagian peran ini wajib dilaksanakan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19," ucapnya.

Lurah Petamburan Setianto dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil swab PCR RS Polri Kramat Jati pada pertengahan November lalu. Setianto sebelumnya dinyatakan reaktif dalam pemeriksaan swab antigen di Polda Metro Jaya saat akan menjalani pemeriksaan terkait kerumunan di Petamburan.

Wilayah Petamburan dipadati oleh jemaat dan pengikut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pada awal November ini. Rizieq juga menggelar acara pernikahan putrinya yang mengundang banyak jemaatnya memadati kawasan Petamburan.

(mln/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK