Dua Pucuk Pimpinan Pemprov DKI Positif Covid Bersamaan

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 11:45 WIB
Dua pucuk pimpinan pemerintah provinsi DKI Jakarta positif Covid-19 secara bersamaan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) dan Wagub Ahmad Riza Patria terinfeksi virus corona di waktu yang bersamaan (Courtesy of Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua pucuk pimpinan Pemprov DKI Jakarta positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Mereka adalah Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

Meski demikian, Anies memastikan pengambilan kebijakan tidak akan terganggu. Dia pun tetap akan memimpin rapat secara virtual.

Anies mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus corona pada hari ini, Selasa (1/12) usai menjalani tes swab pada Senin lalu (30/11).


"Hari Senin tanggal 30 November saya kembali menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil antigen hari sebelumnya, dan ternyata malamnya saya dapat kabar kalau hasilnya positif," kata Anies, Selasa (1/12).

Anies mengaku kondisinya stabil. Kini tengah isolasi mandiri di rumah dinas seorang diri tanpa keluarga, sementara kantornya di Balai Kota ditutup untuk sementara.

"Saya akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu," ujar Anies.

Sebelum Anies, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria lebih dulu mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus corona, yakni pada Minggu (39/11).

Riza terkonfirmasi positif Covid-19 usai menjalani hasil tes swab PCR yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Jumat (27/11).

"Kondisi saya tetap dalam keadaan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya juga sudah menjalani tes usap," kata Riza dalam keterangan resminya, Minggu (29/11).

Sempat Jumpa Tokoh

Sebelum mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus corona, Anies sering mengadakan rapat berdua dengan Riza Patria. Rapat intens dilakukan keduanya.

Hingga kemudian, Anies dan Riza sama-sama positif terinfeksi virus corona. Kini keduanya menjalani isolasi mandiri.

Anies juga sempat menghadiri dan memberikan sambutan di acara Munas X MUI yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta yakni pada 25 November lalu.

Terkait hal itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis menegaskan seluruh jajaran pengurus MUI yang hadir dalam agenda tersebut siap untuk melakukan tes swab usai Anies terkonfirmasi Covid-19.

"Ya kita jajaran MUI memang kalau diperlukan kami siap untuk tes swab," kata Cholil kepada CNNIndonesia.com, Selasa (1/12).

(yoa/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK