Jatah Cuti Karyawan Terpotong Jika Libur 28-30 Desember

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 19:07 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan menyebut perusahaan yang tetap meliburkan karyawannya pada 28-30 Desember, akan dihitung sebagai bagian dari cuti karyawan. Ilustrasi liburan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan jatah cuti karyawan akan otomatis terpotong jika perusahaan tetap meliburkan karyawan pada 28-30 Desember mendatang.

Berdasarkan keputusan pemerintah, liburan akhir tahun dipangkas pemerintah RI sebanyak tiga hari, yakni pada 28, 29 dan 30 Desember.

"Kalau melakukan cuti bersama, berarti akan terpotong. Maka kita sudah kurangi cuti bersama, dengan demikian dia tidak akan berkurang dengan cuti itu. Kita akan kembalikan ini, kesepakatan pekerja dengan yang beri pekerjaan," kata Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12).


Pada kesempatan itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan keputusan pemangkasan libur itu dilakukan usai melakukan rapat bersama kementerian terkait.

Dari rapat itu diputuskan bahwa pemerintah memutuskan memangkas tiga hari libur.

Adapun libur akhir tahun dimulai pada 24-27 Desember, dimulai dengan cuti bersama pada 24 Desember, peringatan Natal pada 25, dan libur akhir pekan 26-27 Desember.

"Kemudian 28-29-30 (Desember 2020) tidak libur tetapi tetap kerja biasa. Baru kemudian 31 (Desember) adalah libur pengganti Idulfitri, kemudian 1 [Januari 2021], dan 2-3 Januari jatuh pada hari Sabtu dan Minggu," kata Muhadjir.

(yoa/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK