Gatot Klaim Rizieq Shihab Ulama Nasionalis Pejuang Pancasila

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 16:02 WIB
Menurut Gatot Nurmantyo, nasionalisme tersebut dibuktikan Rizieq lewat gerakan revolusi akhlak yang digaungkan selepas pulang dari Arab Saudi 10 November lalu. Presidium KAMI Gatot Nurmantyo menilai Pemimpin FPI Rizieq Shihab merupakan sosok ulama nasionalis. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo menilai Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab merupakan sosok ulama nasionalis yang benar-benar memiliki misi dalam mengamalkan Pancasila.

Nasionalisme itu, kata Gatot, dibuktikan Rizieq melalui gerakan revolusi akhlak yang digaungkan selepas pulang dari Arab Saudi 10 November lalu.

"Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa HRS adalah seorang nasionalis yang mengawal tujuan murni Pancasila, seperti yang dilakukan oleh KAMI yaitu dengan gerakan moral yang mengawal cita-cita luhur bangsa," kata Gatot dalam acara Dialog Nasional 100 Ulama dan Tokoh yang disiarkan secara virtual melalui kanal YouTube Front TV, Rabu (2/12).


Gatot pun mengatakan bahwa visi dan misi revolusi akhlak yang diinisiasi Rizieq sangat berdekatan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak mengutamakan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya revolusi akhlak, gerakan moral menurutnya juga perlu menjadi pegangan agar roda kepemimpinan dalam periode selanjutnya mampu melahirkan pemimpin yang ideal dan tentu sesuai dengan amanat rakyat.

"Menarik sekali karena apa yang disampaikan revolusi akhlak, saya menyimak yang disampaikan Habib Rizieq Shihab menggunakan pisau analisi Pancasila, suatu yang sangat kuat," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Panglima TNI itu pun mengapresiasi langkah Rizieq menggagas revolusi akhlak. Menurutnya, sudah sepatutnya setiap lini masyarakat memperjuangkan sebuah keinginan luhur berdasarkan basis perjuangan masing-masing.

"Itulah kalau ulama itu kumpulan orang yang penakut, maka mencanangkan revolusi akhlak karena ulama sangat takut dengan Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Rizieq menyerukan revolusi akhlak kepada masyarakat Indonesia. Revolusi akhlak diusung Rizieq untuk menggantikan revolusi mental yang digaungkan Presiden Joko Widodo sejak 2014.

Dalam hal ini, revolusi mental dianggap gagal karena tak berlandaskan Alquran dan sunnah.

Rizieq menyebut evolusi akhlak dapat dimulai dengan hijrah dari perbuatan maksiat ke perbuatan yang lebih taat akan aturan agama. Ia mengaku hendak memperbaiki perilaku bangsa Indonesia sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK