Lebih dari 20 Pemuda Ingin Ikut Reuni 212 Diamankan di Monas

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 20:44 WIB
Sebanyak 24 pemuda diamankan polisi dan dimintai keterangan oleh polisi di Mapolsek Gambir, Jakpus. Mereka didapati mendatangi Monas untuk ikut reuni 212. Kawasan Monas, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 24 pemuda diamankan di sekitar kawasan Monas, Jakarta Pusat hari ini. Mereka diamankan lantaran termakan ajakan untuk mengikuti aksi reuni 212 yang beredar di media sosial.

"Mereka ini pengen ikut (aksi reuni 212), karena ajakan di media sosial," kata Kapolsek Gambir Kompol Kadek Budiyarta kepada wartawan, Rabu (2/12).

Padahal, aksi reuni 212 itu digantikan Dialog Nasional bertajuk 'Revolusi Akhlak'. Kegiatan itu pun digelar secara virtual pada Rabu siang.


Budi menuturkan puluhan pemuda itu mayoritas berasal dari kawasan Banten. Mereka datang ke Jakarta menggunakan angkutan umum. Ia menyatakan dari sebagian pemuda tersebut, pihaknya turut menemukan senjata tajam.

"Sajam itu ada dua yang bawa dua kelompok. Ini masih kami selidiki motifnya," ujarnya.

Saat ini, puluhan pemuda itu telah dibawa ke Polsek Gambir untuk dimintai keterangan. Namun, untuk mereka yang tidak membawa senjata tajam akan segera dipulangkan.

Lebih lanjut, Budi mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak menerima informasi dari media sosial. Dengan demikian, diharapkan tidak mudah terhasut dengan informasi yang beredar.

"Pilih sarana medsos yang mudah dipercaya, jangan mudah percaya dengan medsos. Orang tua juga mesti menjaga anaknya," ucap Budi.

(dis/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK