Anies di Antara Positif Covid dan Kerja Virtual hingga Medsos

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 05/12/2020 14:16 WIB
Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria positif terinfeksi virus corona. Dua pucuk pimpinan Pemprov DKI Jakarta itu kini menjalani isolasi. Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria positif terinfeksi virus corona. Dua pucuk pimpinan Pemprov DKI Jakarta itu kini menjalani isolasi. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria positif terinfeksi virus corona. Dua pucuk pimpinan Pemprov DKI Jakarta itu kini menjalani isolasi.

Wagub Ahmad Riza Patria lebih dulu mengumumkan dirinya positif Covid pada Minggu (29/11). Dia mengklaim saat ini kondisinya stabil.

Dua hari kemudian, atau Selasa (1/12), giliran Anies Baswedan yang mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus corona. Dia juga mengaku kondisinya stabil.


"Hari Senin tanggal 30 November saya kembali menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil antigen hari sebelumnya, dan ternyata malamnya saya dapat kabar kalau hasilnya positif," kata Anies.

[Gambas:Instagram]

Meskipun Anies terpapar virus corona, namun pemerintahan DKI Jakarta tidak berhenti sampai di situ saja.

Anies mengatakan tetap memimpin rapat-rapat secara virtual selama menjalani isolasi mandiri.

"Saya akan tetap bekerja dari rumah secara virtual, memimpin rapat secara virtual," kata Anies dalam rekaman video yang ia unggah di akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Selasa (1/12).

Anies mengaku sudah terbiasa bekerja secara virtual sejak virus corona mewabah di Jakarta. Oleh karena itu, dia yakin tidak akan ada gangguan dalam kinerja Pemprov DKI Jakarta.

"Sejak Maret sudah terbiasa bekerja secara virtual dan Insya Allah tidak akan ada gangguan dalam proses pengambilan keputusan dan pemerintahan," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]

Kantor Gubernur Ditutup

Dalam keterangan tertulis, Pemprov DKI Jakarta menyebut penutupan kantor dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Sesuai protokol, unit kantor Gubernur akan ditutup. Seperti juga unit kantor Wakil Gubernur di Blok B sudah ditutup," seperti dikutip dari siaran pers di situs Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Selasa (1/12).

Pemprov DKI menyampaikan hanya kantor gubernur yang ditutup. Sementara area lain di Balai Kota Jakarta akan tetap beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Anies juga mengatakan ia akan tetap bekerja selama isolasi mandiri. Ia meminta dukungan dan doa agar bisa segera pulih kembali.

Keluarga Anies Negatif Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa keluarganya negatif Covid-19 berdasarkan hasil penelusuran (tracing) dan tes. Ia pun menjalani isolasi mandiri terpisah dari mereka.

"Apresiasi atas kesigapan tim Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan jajaran RSUD Pasar Minggu dalam menjalankan 3T (Testing, Tracing, Treatment). Alhamdulillah, hasil tracing dan tes kemarin menunjukkan seluruh anggota keluarga kami negatif," kata dia, Rabu (2/12), lewat akun Instagram-nya.

Dalam unggahan itu, Anies juga menceritakan proses saat dijemput oleh tim RSUD Pasar Minggu untuk pemeriksaan kesehatan awal pada Selasa (1/12) pagi, sebelum ia melakukan isolasi mandiri di rumah dinas Gubernur DKI.

"Alhamdulillah, semua parameter kesehatan diri terkendali sehingga bisa menjalani isolasi mandiri di rumah dinas, terpisah dari keluarga," kata dia.

[Gambas:Instagram]

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan dukungan moril kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terkonfirmasi Covid-19.

Diketahui, duet kepemimpinan di DKI, Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza, terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya kini menjalani isolasi mandiri.

"Saya mendoakan semoga lekas pulih dan memimpin lagi secara maksimal. Saya juga doakan Pak Wagub-nya, Pak Riza, dan Said Aqil (Ketua PBNU) dan tokoh publik lainnya yang memang dalam minggu ini mengumumkan [status Covid] secara terbuka," kata RK, yang karib disapa Emil itu, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (1/12).

Terpisah, Ganjar Pranowo juga menyemangati Anies dan Reza untuk segera sembuh dan kembali bekerja untuk melayani publik.

"Mas Anies, Mas Riza, istirahat, tapi penuh semangat selalu," kata dia.

"Saya doakan lekas sembuh dan mudah-mudahan ini akan bisa membawa kita pada semangat berikutnya untuk memperbaiki keadaan. Sehat selalu," imbuh Ganjar.

(din/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK