QC Pilkada Sumbar, Jagoan PKS Mahyeldi Unggul Sementara

CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2020 20:25 WIB
Paslon Pilkada Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy unggul sementara dari tiga paslon lainnya. Cagub Sumbar Mahyeldi unggul dari pasangan calon lainnya berdasarkan quick count atau hitung cepat (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil hitung cepat atau quick count Poltracking menyatakan pasangan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy unggul dari tiga pasangan calon lainnya di Pilkada Provinsi Sumatera Barat.

Merujuk hasil hitung cepat Indikator yang dilansir di Kompas TV dengan suara masuk 87,60 persen, Mahyeldi-Audy unggul dengan perolehan 32,78 persen.

Hasil itu mengungguli pasangan Nasrul Abit-Indra Catri yang meraih 30,84 persen suara yang berada di tempat kedua.


Sementara itu, pasangan Mulyadi-Ali Mukni mendapatkan 26,53 persen suara. Pasangan Fakhrizal-Genius Umar berada di urutan paling buncit dengan 9,85 persen.

Pasangan Mahyeldi-Audy diusung oleh koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Mahyeldi saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Padang, Sumatera Barat.

Pasangan Nasrul-Indra diusung oleh Partai Gerindra. Kedua sosok tersebut merupakan kader Partai Gerindra. Lalu, pasangan Mulyadi-Ali diusung oleh koalisi Partai Demokrat-PAN dan pasangan Fakhrizal-Genius Umar diusung oleh Partai Golkar, Nasdem dan PKB.

Hasil hitung cepat sendiri tidak mewakili hasil resmi Pilkada 2020. Pasalnya, KPU akan melakukan rekapitulasi berjenjang dari tingkat TPS, kecamatan hingga kabupaten/Kota sebagai hasil resmi Pilkada 2020.

PKS akan mengulang kemenangan di Pigub Sumbar bila pasangan Mahyeldi-Audy ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU. Gubernur Sumbar saat ini, Irwan Prayitno merupakan kader PKS dan Gubernur Sumber dua periode sejak 2010-2015 dan 2016-2021.

(rzr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK