DPR Pastikan RI Dukung Penuh Kedaulatan Palestina

CNN Indonesia | Rabu, 16/12/2020 03:31 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menyatakan RI tetap mendukung penuh kedauluatan Palestina. Itu disampaikan untuk merespons isu normalisasi hubungan RI-Israel. DPR memastikan RI tetap memberikan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Palestina. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin memastikan pemerintah Indonesia mendukung penuh kedaulatan Palestina. Pernyataan itu ia sampaikan untuk mengomentari isu soal kemungkinan adanya hubungan bilateral antara Israel dan Indonesia.

"Saya belum dengar tentang wacana tersebut, yang pasti pemerintah Indonesia dan juga rakyat Indonesia sepenuhnya mendukung kedaulatan dan hak-hak Palestina," kata Azis dalam keterangannya, Selasa (15/12).

Dia menegaskan, Indonesia tidak memiliki masalah dengan negara manapun, termasuk dengan Israel. Namun, menurutnya, Indonesia akan memperjuangkan hak rakyat Palestina agar bisa hidup sebagai negara berdaulat.


Berangkat dari itu, Azis berharap Israel bisa segera menyelesaikan persoalan dengan Palestina dengan mengakui Palestina sebagai negara yang merdeka.

Menurutnya, normalisasi hubungan diplomatik bisa terbangun jika ada rasa percaya antara kedua negara.

"Dalam membangun normalisasi kan butuh saling percaya, saling menghormati dan memiliki visi yang sama," kata dia.

"Jika persoalan Palestina bisa tuntas, maka tentu normalisasi akan sangat mudah. Jika belum, normalisasi akan tidak akan ada maknanya. Semoga persoalan Palestina bisa segera tuntas," imbuh Azis.

Isu mengenai kemungkinan adanya hubungan bilateral antara Israel dan Indonesia pertama kali dikabarkan oleh media Israel, The Jerusalem Post pada Minggu (13/12), yang mempublikasikan sebuah laporan dengan klaim Indonesia ingin melakukan normalisasi hubungan dengan Israel secara publik.

Namun klaim tersebut ditampik oleh Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah. Ia mengatakan selama ini Kemenlu tidak pernah berhubungan dengan Israel.

"Kemlu tidak pernah berhubungan dengan Israel. Dalam menjalankan politik luar negeri RI terkait isu Palestina, Kemlu berdiplomasi secara konsisten sesuai amanah konstitusi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

(mts/agt)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK