Petahana dan Eks Kasat Intel Tumbang di Pilkada Cilegon

CNN Indonesia | Rabu, 16/12/2020 18:11 WIB
Hasil rapat pleno KPU menyatakan calon petahana Ratu Ati dan eks Kasat Intel Polres Cilegon, Awab kalah. Ilustrasi pilkada 2020 (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil rapat pleno penghitungan suara KPU Kota Cilegon menyatakan pasangan calon Helldy Agustian-Sanuji Pentamerta meraih suara terbanyak. Sementara calon petahana Ratu Ati Marliati dan eks Kasat Intel Polres Cilegon Awab dinyatakan kalah.

Helldy Agustian-Sanuji Pentamerta memenangkan Pilkada Cilegon dengan perolehan 75.449 suara. Diikuti calon petahana Ratu Ati yang berpasangan dengan Sokhidin. Mereka meraih 64.815 suara.

Posisi ketiga yakni Ali Mujahidin-Firman Mutakin dengan 47.482 suara. Kemudian di posisi terakhir yakni Iye Uman Rohiman-Awab mendapatkan 31.496 suara.


"Selesai sudah pleno terbuka untuk (pilkada) Kota Cilegon. (Peraih suara tertinggi) di nomor 04 (Helldy Agustian-Sanuji Pentamerta)," kata Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi, Rabu (16/12).

Berdasarkan rekapitulasi pleno KPU Kota Cilegon, partisipasi pemilih mencapai 77,1 persen atau 229.055 orang yang menggunakan hak suaranya dari total 297.045 orang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Jumlah suara sah sebanyak 219.242 dan jumlah suara tidak saja sebanyak 9.813 suara.

KPU akan menunggu lima hari ke depan untuk menetapkan paslon pemenang pilkada Kota Cilegon. Jika ada aduan ke MK, maka penetapan pemenang dilakukan menunggu putusan dari MK.

"Ke depan masih ada tahapan, penetapan paslon dan tahapan selanjutnya. Masih ada tenggat waktu dan akan kami ikuti. Hari ini kita menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, walikota dan wakil walikota," ucap Irfan.

Diketahui, Ratu Ati Marliati yang menjadi calon wali kota Cilegon, saat ini masih menjabat sebagai wakil wali kota.

Ratu Ati merupakan putri dari Tb Aat Syafaat, Walikota Cilegon dua periode. Sekaligus kakak dari Tb Iman Ariyadi, yang juga menjabat sebagai orang nomor satu di Kota Baja selama dua periode, sebelum menjadi pesakitan KPK tahun 2017 silam.

(ynd/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK