VIDEO: Lika-liku Jokowi Gratiskan Vaksin Corona

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 16/12/2020 22:40 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo mengumumkan masyarakat Indonesia akan mendapat vaksin Covid-19 secara gratis. Pernyataan Jokowi pada Rabu (16/12) tersebut sekaligus menjawab kecaman dari banyak pihak perihal rencana vaksin berbayar yang sebelumnya digaungkan pemerintah.

Polemik biaya vaksin di Indonesia sudah muncul bahkan sebelum vaksin buatan China, Sinovac, tiba di Indonesia pada Minggu (6/12).

Rencana vaksin berbayar itu sendiri bermula ketika pada September lalu, Menteri BUMN Erick Thohir sempat melempar usulan agar masyarakat yang mampu secara ekonomi untuk membayar sendiri biaya vaksinasi. Menurut Erick, jika sistem vaksin berbayar dilakukan, maka akan membantu keuangan negara.

"Kami sangat mengharapkan masyarakat yang memiliki uang bisa membantu keuangan negara dengan melakukan vaksinasi mandiri alias tidak gratis," Erick Thohir, Jumat (11/9).

Kemudian dalam Rapat Terbatas Kabinet pada 19 Oktober lalu, Presiden Jokowi memaparkan soal rencana dua skema vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

"Untuk vaksin yang gratis, untuk rakyat, itu urusannya menteri kesehatan. Untuk yang mandiri, berarti yang bayar, itu urusannya BUMN," ujar Jokowi.

Lalu, Menteri Kesehatan Terawan A Putranto mengeluarkan keputusan yang menetapkan enam vaksin bakal dipakai di Indonesia. Selain itu, dalam kepmenkes itu pun ditetapkan dua skema pelaksanaan vaksinasi yang menjadi tanggung jawabnya, dan vaksinasi mandiri yang jadi tanggung jawab Menteri BUMN.