PSBB Jakarta Diperpanjang, Stasiun KRL Bogor Padat Penumpang

CNN Indonesia
Senin, 21 Des 2020 09:15 WIB
Calon penumpang KRL di Stasiun Bogor mengatakan setiap awal pekan atau Senin biasanya memang ramai yang akan berangkat pada pagi hari. Antrean calon penumpang KRL di Stasiun Bogor, Senin pagi (21/12/2020). (CNNIndonesia/Yogi Anugrah)
Bogor, CNN Indonesia --

Antrean calon penumpang yang ingin menggunakan transportasi umum Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line terpantau ramai di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (21/12) pagi.

Salah seorang penumpang, Sutrisno (42) menyatakan, setiap Senin, antrean penumpang di Stasiun Bogor memang selalu ramai dan panjang.PT Kereta Commuterline Indonesia (PT KCI) sebelumnya mewajibkan penumpang untuk memakai lengan panjang saat menaiki KRL.

"Wah setiap Senin pasti begini, ramai biasanya orang karena orang berangkat kerja," kata dia kepada CNNIndonesia.com.


Pantauan CNNIndonesia.com sejak pukul 06.30 WIB, penumpang terus berdatangan ke Stasiun Bogor. Di stasiun ini, antrean penumpang dibagi menjadi tiga zona.

Zona 1 adalah area passenger crossing, zona 2 adalah area gate, dan zona 3 adalah area pedestrian. Di setiap zona, antrean penumpang dibagi tiga baris berbanjar.

Di setiap zona, sejumlah petugas berjaga untuk mengingatkan penumpang agar menjaga jarak saat mengantre.

Dari pantauan, hampir semua orang memakai baju lengan panjang atau jaket serta masker. Hanya sedikit yang memakai pakaian berlengan pendek.

Sebagai informasi, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta selama 14 hari terhitung sejak 7 hingga 21 Desember 2020 diketahui berakhir hari ini, Senin (21/12). Meskipun demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memutuskan kembali memperpanjang masa PSBB Transisi tersebut hingga 3 Januari.

Anies mengatakan PSBB transisi kali ini akan fokus pada pengendalian lonjakan kasus dengan mengantisipasi mobilitas warga yang tinggi jelang libur Natal dan Tahun baru. Apalagi, sambungnya, berkaitan dengan mobilitas penduduk saat kembali ke Jakarta usai gelaran Pilkada serta periode ke depan, yakni libur akhir tahun.

Selain itu pada masa PSBB Transisi itu, Anies sebelumnya telah menambah sejumlah aturan baru masa libur Natal dan Tahun Baru.

Penambahan aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian, serta Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat.

Instruksi yang ditandatangani Anies pada 16 Desember itu salah satunya memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo untuk menetapkan jam operasional transportasi umum maksimal sampai pukul 20.00 WIB.

Anies turut meminta Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dalam pemantauan setiap orang yang melakukan perjalanan masuk ke Jakarta.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER