VIDEO: Budi Gunadi Ajak Masyarakat Kompak Lawan Pandemi

BPMI Setpres, CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 07:05 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Jokowi telah mengumumkan eks Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin untuk menggantikan Terawan Agus Putranto di kursi Menteri Kesehatan, Selasa (22/12) sore.

Dalam pernyataannya setelah pengumuman tersebut, Budi Gunadi mengajak masyarakat dan pemerintah kompak menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) d Indonesia. Ia berharap pemerintah dan masyarakat dapat membangun fasilitas kesehatan yang kuat dan siap mengatasi pandemi Covid-19.

Sebagai Menkes, Budi Gunadi tak punya latar belakang di bidang kesehatan atau pendidikan bidang kedokteran. Dia sendiri merupakan Menkes definitif pertama yang tanpa latar belakang kedokteran atau kesehatan sejak Indonesia merdeka.

Budi, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN, kebanyakan berkecimpung di bidang ekonomi. Lulusan Fisika Nuklir ITB ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dan PT Asahan Aluminium.

Terawan, yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran UGM, sendiri dikritik banyak pihak terkait penanganan pandemi Covid-19 yang tak berbasis pada data saintifik dan serapan anggaran yang kurang.