Jokowi Lantik Wamenkes Dante Saksono Harbuwono

CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 10:13 WIB
Wamenkes Dante Saksono akan bekerja mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pelantikan menteri baru Kabinet Indonesia Maju yang diumumkannya kemarin pada hari ini, Rabu (23/12) di Istana Negara, Jakarta Pusat. (tangkapan layar youtobe setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Dante Saksono Harbuwono sebagai wakil menteri kesehatan. Wamenkes Dante Saksono akan bekerja mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Budi diketahui merupakan menteri kesehatan definitif pertama yang bukan berlatar belakang akademis maupun karier profesi di bidang kesehatan.

Sementara Dante berlatar belakang sebagai Endokrinolog yang juga terdaftar berpraktik di RSCM Jakarta di Departemen Medik Penyakit Dalam. Selain itu, ia juga terdaftar sebagai salah satu staf pengajar untuk Ilmu Penyakit dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.


Dante adalah wakil menteri kesehatan pertama sejak terakhir kali dijabat Ali Ghufron Mukti pada Kabinet Indonesia Bersatu II di era kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono. Kala itu, Ali pun sempat sesaat menjadi Plt Menkes, karena Menkes Endang Rahayu wafat sebelum digantikan secara definitif oleh Nafsiah Mboi di sisa masa kabinet.

Selain Dante, empat wakil menteri lain yang dilantik Jokowi hari ini adalah Letjen TNI Muhammad Herindra menjadi Wakil Menteri Pertahanan, Edward Omar Sharif Hiariej untuk menjadi Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Harvick Hasnul Qolbi untuk menjadi Calon Wakil Menteri Pertanian, dan Pahala Nugraha Mansyuri untuk menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Selain itu, Jokowi juga melantik Irjen Pol Petrus Reinhard Golose yang menggantikan Komjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Dan, Kepala Badan Restorasi Gambut Hartono Prawiraatmadja.

Khusus Herindra dan Pahala Mansyuri, keduanya ditunjuk Jokowi karena pemegang jabatan wakil menteri sebelumnya telah naik pangkat menjadi menteri.

Sebagai informasi, Sakti Wahyu Trenggono yang sebelumnya merupakan Wamen Pertahanan dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan hari ini. Selain itu, Budi Gunadi Sadikin yang semula Wamen BUMN  dilantik menjadi Menteri Kesehatan hari ini juga.

Selain Budi Gunadi dan Trenggono, mereka yang disumpah jabatan sebagai menteri baru Jokowi hari ini adalah Tri Rismaharini (Risma) sebagai menteri sosial, Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri agama, Sandiaga Uno sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, serta Muhammad Luthfi sebagai menteri perdagangan.

(psp/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK