Fachrul Razi Resmi Serahkan Jabatan Menag ke Gus Yaqut

CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 12:02 WIB
Setelah mengucap sumpah jabatan di Istana Negara, Gus Yaqut segera ke Kemenag di Lapangan Banteng untuk sertijab dengan Fachrul Razi. Menteri Agama Fachrul Razi menjadi salah satu menteri yang direshuffle Presiden Joko Widodo, di mana posisinya kini diganti Yaqut (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yaqut Cholil Qoumas resmi menjabat sebagai Menteri Agama RI periode sisa masa jabatan 2019-2024 dalam Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada Rabu (23/12) pagi, pria yang karib disapa Gus Yaqut itu pun segera meluncur ke kantor Kemenag yang berada di seberang Lapangan Banteng, Jakarta Pusat untuk mengikuti upacara serah terima jabatan (sertijab) dengan mantan Menag, Fachrul Razi.

Pada kesempatan ini, Fachrul Razi turut menyerahkan memori tugas Menteri Agama periode 2019-2020 kepada Yaqut.


Yaqut meminta agar jajaran Kemenag di bawah pimpinannya ke depan bisa melanjutkan dan meningkatkan pelbagai warisan baik yang ditinggalkan Fachrul Razi semasa menjabat.

"Pak Fachrul Razi telah meninggalkan legacy yang baik, mari kita tingkatkan apa yang jadi warisan peninggalan Pak Fachrul. Yang saya amati, yang saya liat sudah sangat luar biasa. Mari pertahankan dan kita buat lebih baik lagi," kata Yaqut dalam upacara sertijab di Gedung Kemenag, Jakarta yang disiarkan secara daring, Rabu (23/12).

Upacara sertijab dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi. Turut hadir jajaran eselon I Kemenag, seperti Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani.

Di tempat yang sama, Fachrul mengucapkan selamat kepada Yaqut usai dipilih sebagai Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo. Ia optimistis Kementerian Agama akan menjadi institusi yang lebih baik lagi ke depannya.

"Saya ucapkan selamat datang. Dengan pengalaman bapak dan energi muda bapak, Mudah-mudahan, saya optimis bapak bisa memimpin Kemenag dengan lebih baik lagi," kata mantan Panglima TNI tersebut.

FOTO ARSIP: Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu (24/10/2018). Presiden Joko Widodo menugaskan Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pd/wsj.Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Yaqut, yang juga berstatus sebagai Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi dilantik sebagai Menteri Agama periode sisa masa jabatan 2020-2024 Kabinet Indonesia Maju. Yaqut merupakan menduduki jabatan sebagai Ketua DPP PKB bidang Pertahanan dan Keamanan sejak Agustus 2019 lalu.

Pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah 4 Januari 1975 itu merupakan putra dari kiai tersohor Nahdlatul Ulama (NU) dan pendiri PKB Muhammad Cholil Bisri.

Dengan demikian, kini pucuk kepemimpinan Kemenag kini dipegang unsur muda dan tua NU. Pasalnya, Yaqut dikenal sebagai ketua organisasi pemuda sayap NU, GP Ansor, sementara Zainut Tauhid yang dikenal juga sebagai tokoh NU merupakan Wakil Ketua Umum MUI Pusat periode 2015-2020.

Yaqut juga sempat menjabat sebagai anggota DPR dari hasil Pemilu 2019. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PKB. Komisi II sendiri membidangi masalah dalam negeri, pemilu, agraria hingga aparatur negara dan reformasi birokrasi.

(rzr/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK