Malam Tahun Baru di Jakarta, Ruas Sudirman-Thamrin 'Steril'

CNN Indonesia | Senin, 28/12/2020 19:30 WIB
Polisi tak akan mengizinkan kendaraan dan manusia berlalu lalang di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, saat malam tahun baru. Ilustrasi. Polisi akan menerapkan crowd free night dengan menutup Jalan Sudirman-Thamrin saat malam Tahun Baru. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan akan menutup total Jalan Sudirman-Thamrin pada malam Tahun Baru, dengan menerapkan crowd free night Kamis (31/12) mendatang.

Sambodo menyebut, rencana penutupan itu akan dilakukan sejak pukul 20.00 WIB hingga pagi hari. Selama penutupan, bukan hanya kendaraan yang dilarang melintas, namun warga juga dilarang untuk berlalu-lalang.

"Nanti pada malam Tahun Baru akan kami konsepkan lebih detail lagi. Akan ada car free night bahkan crowd free night, artinya di Jalan Sudirman-Thamrin tidak boleh dilewati kendaraan dan tidak boleh dilewati manusia," kata Sambodo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (28/12).


Sambodo menuturkan, bagi siapa pun yang berjalan kaki maupun bersepeda di sekitar kawasan tersebut juga tak diizinkan.

Ia menyatakan, rencana itu dilakukan untuk mencegah kerumunan warga saat perayaan malam Tahun Baru. Rencana itu juga masih dibicarakan lebih lanjut dengan berbagai pihak terkait, termasuk dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

"Tentu kita bicarakan dengan instansi terkait termasuk juga dengan PHRI, pengusaha hotel yg ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Termasuk juga rencana nanti di Jalan Benyamin Suaeb (ditutup) juga, karena selama ini suka dipakai kerumunan," kata dia.

Selain penutupan total, polisi juga bakal menyekat kendaraan di perbatasan Jakarta pada perayaan malam Tahun Baru agar kendaraan yang hendak melakukan konvoi di ibu kota bisa diminta kembali.

"Kami akan lakukan penyekatan di pintu masuk kota Jakarta. Jadi di perbatasan antara Bekasi, Jakarta, Depok dengan Jakarta, Tangerang dengan Jakarta, Tangsel dengan Jakarta, itu nanti kita akan perkuat penempatan anggota," kata dia.

(yoa/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK