Pemerintah Borong 426 Juta Dosis Vaksin Covid dari 4 Produsen

CNN Indonesia | Selasa, 29/12/2020 14:35 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan 426 juta vaksin yang dibeli merupakan buatan Sinovac, Novavax, AstraZeneca, dan Pfizer. Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah Indonesia akan mendatangkan 426 juta dosis vaksin virus corona. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Indonesia memborong sekitar 426 juta dosis vaksin virus corona (Covid-19) dari sejumlah perusahaan internasional. Pembelian vaksin dilakukan guna mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunitas.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia perlu melakukan vaksinasi terhadap 181 juta orang demi mencapai herd immunity. Setiap orang diberikan dua dosis vaksin, sehingga 426 juta dosis yang dibeli.

"Dengan memperhitungkan satu orang dua dosis vaksin, dan memperhitungkan guide line dari WHO bahwa kita mempersiapkan 15 persen untuk cadangan, maka total vaksin yang dibutuhkan adalah sekitar 426 juta dosis vaksin," kata Budi dalam jumpa pers yang disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/12).


Budi menyampaikan vaksin akan dibeli dari empat perusahaan berbeda. Langkah itu ditempuh guna memastikan suplai vaksin tidak terhambat.

Indonesia akan membeli 100 juta dosis dari Sinovac, China; 100 juta dosis dari Novavax, Kanada; 100 juta dosis dari AstraZeneca, Inggris; dan 100 juta dosis dari perusahaan gabungan Jerman-AS, Pfizer.

Budi juga menyebut Indonesia kemungkinan mendapat sekitar 16 juta dosis dari Gavi. Namun rencana itu belum mencapai kata final hingga saat ini.

"Diharapkan bahwa vaksin ini bsia datang secara bertahap ke Indonesia dan kita bisa segera melakukan penyuntikan 181 juta orang," ujar Budi.

Sebelumnya, Indonesia telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin dari Sinovac. Namun proses vaksinasi masih belum dilakukan.

Presiden Jokowi juga telah memastikan vaksin Covid-19 akan gratis untuk seluruh rakyat Indonesia. Dia pun bakal menjadi orang pertama yang diberikan vaksin.

(dhf/khr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK