Efek Blusukan Risma, DKI Benahi Kolong Jembatan Pegangsaan

CNN Indonesia | Senin, 04/01/2021 12:38 WIB
Pemkot Jakarta Pusat akan menjadikan Kolong Jembatan Pegangsaan sebagai taman. Beberapa hari sebelumnya tempat itu dikunjungi oleh Mensos Tri Rismaharini. Menteri Sosial Tri Rismaharini. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat akan melakukan penataan di kolong jembatan wilayah Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng. Lokasi permukiman tunawisma itu sempat dikunjungi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini pada pekan lalu.

"Di lokasi yang dikunjungi Bu Risma ini bukan kita tidak pernah kerjakan. Sudah pernah kita kosongkan, tetapi kembali lagi," kata Pelaksana Harian (Plh) Wali kota Jakarta Pusat, Irwandi seperti dikutip dari website resmi Pemkot Jakarta Pusat, Senin (4/12).

Ia menyatakan, agar tak kembali menjadi hunian liar, penataan di tempat itu akan dituntaskan.


"Kali ini saya mau tuntaskan. Kolong jembatan ini akan kita buat taman, jadi akses jalan warga. Menjadi tempat penyeberangan orang, melalui kolong jembatan ini," ucap dia.

Irwandi menyebut, penataan kolong jembatan itu terinspirasi dari Terowongan Kendal.

"Akan dibuat mural, bisa buat anak-anak bermain juga. Menjadi tempat rekreasi dan interaksi. Kita tak mau kolong jembatan ini jadi kumuh, nanti ditempati tunawisma lagi," kata dia.

Agar pengerjaan di tempat itu tak berlangsung lama, ia pun meminta seluruh jajaran untuk bekerja sama.

"Saat ini sedang dikosongkan dulu, pembersihan. Semua sudin seperti SDA, Bina Marga, Pertamanan dan yang lain akan berkolaborasi di bawah koordinasi Sekko dan Asekbang, membuat desain dan menyiapkan konsep penataan ini," kata dia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini pada hari pertama berkantor di Jakarta, Senin (28/12) lalu, langsung blusukan.

Didampingi pejabat terkait, Risma meninjau langsung kondisi tempat tinggal warga di wilayah sekitar kantor Kementerian Sosial, Kelurahan Pegangsaan.

Salah satu yang ia kunjungi adalah kolong jembatan Pegangsaan. Di sana Risma berdialog dengan para tuna wisma.

(yoa/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK