VIDEO: Deretan Aturan PSBB Jawa Bali yang Berlaku 11 Januari

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2021 16:42 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah memberlakukan PSBB Jawa-Bali untuk menekan penularan virus corona. Kebijakan ini diambil karena kasus aktif telah mencapai 14,2 persen, keterisian ruang isolasi dan ICU di RS sudah melampaui 70 persen, tingkat kematian di atas tiga persen, dan angka kesembuhan di bawah 82 persen.

PSBB Jawa-Bali berlaku 11 Januari sampai 26 Januari 2021. Pembatasan meliputi 75 persen kerja dari rumah, belajar mengajar secara daring, pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan sampai pukul 19.00 WIB, kapasitas restoran 25 persen, kapasitas tempat ibadah 50 persen, penghentian sementara fasilitas umum dan kegiatan sosial, hingga pengaturan kapasitas dan jam operasi moda transportasi. Sementara itu, kegiatan yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan konstruksi diizinkan beroperasi penuh.

Sejak Maret 2020, grafik kasus positif virus corona di Indonesia tidak pernah turun. Pada Desember 2020, kasus positif harian beberapa kali mencetak rekor baru dengan angka positif di atas 8.000 per hari. Kasus kematian juga sempat mencetak rekor tertinggi pada Desember dengan persentase kematian sempat lebih dari tiga persen.