Foto 0 dari 0

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan masjid Istiqlal yang telah selesai direnovasi selama 14 bulan dan memakan biaya Rp511 miliar, Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Renovasi Masjid Istiqlal hingga memakan anggaran biaya setengah triliun rupiah dari APBN itu merupakan yang kali pertama dilakukan dalam 42 tahun terakhir. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar mengatakan renovasi yang melibatkan sekitar 1.000 orang pekerja itu juga membangun terowongan bawah tanah yang menghubungkan dengan Gereja Katedral di seberangnya. Terowongan itu kemudian disebut terowongan atau lorong silaturahmi. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sejumlah aparat keamanan melaksanakan shalat berjamaah usai peresmian renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (7/1/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Seorang aparat keamanan berdoa di ruang utama usai peresmian renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (7/1/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Saat meresmikan wajah Masjid Istiqlal yang baru, Presiden Jokowi mengapresiasi proses yang tidak hanya memaksimalkan fungsi sebagai tempat ibadah,  tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika dan serta kaidah-kaidah cagar budaya bangunan. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara RI yang berada di jantung pemerintahan. Masjid ini dirancang dan mulai dibangun pada masa Kepresidenan pertama RI, Sukarno pada 1955 silam lalu selesai dan mulai digunakan pada masa Kepresidenan kedua RI, Soeharto pada Februari 1978. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Rekomendasi