Bareskrim Akan Terima Hasil Penyelidikan Komnas HAM soal FPI

CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 10:49 WIB
Dirtipidum Bareskrim menyatakan belum dapat berbicara jauh terkait penyelidikan Komnas HAM hingga hasilnya kelak diserahkan langsung ke Mabes Polri. Markas Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyatakan bakal menerima hasil temuan dari penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait bentrok antara polisi dengan enam anggota Front Pembela Islam (FPI) di Jalan tol Jakarta-Cikampek pada Desember tahun lalu.

"Kalau dibawa ke Mabes, ya (akan) kami terima dong," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Andi Rian Djajadi saat dihubungi, Jumat (8/1).

Namun, Andi belum dapat berkomentar lebih lanjut terkait dengan hasil temuan Komnas HAM terhadap insiden tersebut yang berpeluang diumumkan hari ini, Jumat (8/1).


Dia mengatakan, pihaknya bakal menunggu secara lengkap hasil dari penyelidikan tersebut untuk menentukan langkah lanjutan dalam penanganan perkara itu. Diketahui, saat ini penyidik Bareskrim Polri juga tengah menyidik perkara tersebut dengan dugaan kasus penyerangan terhadap polisi.

Namun demikian, hingga saat ini polisi belum dapat menjerat tersangka yang bertanggungjawab atas insiden itu.

"Tunggu saja dulu rilis Komnas," ucapnya singkat.

Pihak Komnas HAM sendiri mengaku sudah melakukan pelbagai upaya untuk menyelidiki insiden tersebut selama hampir sebulan belakangan ini. Komnas HAM mengatakan kini tengah melakukan pendalaman terhadap bukti-bukti 8.000 video dan foto yang berkaitan dengan insiden tersebut.

Bukti-bukti itu, menjadi tahap finalisasi laporan akhir Tim Penyelidik Komnas HAM sebelum dibuat hasil rekomendasi akhir yang akan diumumkan ke publik.

Komnas HAM juga sudah memanggil berbagai pihak seperti kepolisian maupun dari pihak FPI untuk merampungkan hasil investigasi.

Lalu, pada Senin (4/1), Komnas HAM sudah rampung melakukan rekonstruksi insiden bentol Polisi-Laskar FPI di Kantor Komnas HAM, Jakarta. Rekonstruksi yang dihadiri oleh pihak kepolisian itu berlangsung tertutup bagi awak media.

(mjo/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK