TNI Ungkap Koordinat Pencarian Udara Sriwijaya SJ 182

CNN Indonesia | Minggu, 10/01/2021 07:40 WIB
TNI AU mulai mengerahkan pesawat-pesawat untuk membantu pencarian udara pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Persiapan pesawat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk pencarian Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Minggu (10/1/2021). (CNN Indonesia/ Damar Iradat)
Jakarta, CNN Indonesia --

TNI Angkatan Udara mulai menerbangkan armada guna membantu pencarian titik jatuh dan dugaan korban selamat dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di wilayah Kepulauan Seribu kemarin.

Asisten Operasi TNI AU Marsekal Muda Henri Alfiandi mengatakan pesawat-pesawat itu akan melakukan pencarian dari udara guna membantu kapal-kapal SAR yang berlayar ke titik diduga jadi tempat jatuhnya SJ 182.

"Koordinatnya ada di 055523 South, Lintang Timurnya 106-36 05, sementara itu," ujar Asisten Operasi TNI AU Marsekal Muda Henri Alfiandi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu pagi. "Itu adalah titik terakhir pesawat penerbangan dan hilangnya di mana sama. Itu adalah pantauan telemetri kita, tapi masalah dia ada di mana itu yang kita cari karena sebarannya luas."


Oleh karena itu, sambungnya, TNI AU mendukung pencarian yang dikoordinasi Basarnas dari udara untuk membantu kapal-kapal pencari yang berlayar di radius sekitar titik diduga jatuhnya pesawat.

"Sudah jelas perintah panglima TNi, kita mensupport pemerintah dalam hal ini Basarnas," kat adia.

Adapun deretan pesawat yang akan diterbangkan untuk pencarian tersebut, mengutip dari rilis Puspen TNI antara lain: 1 Heli Super Puma Nas-332, EC-752 Caracal, Fix Wing Boeing 737 Intai Maritim, dan CN- 295.

Lalu, 1 Heli Dauphin HR 3604 milik Basarnas dan Personel SAR dari Korphaskas.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara terpisah mengonfrimasi perihal titik koordinat pencarian.

"Segera diturunkan tim penyelam dari Kopaska [Komando Pasukan Katak]. Mudah-mudahan apa yang ditemukan KRI RIgel memang tepat sesuai dengan perkiraan, mudah-mudahan apa yang sudah kita ketahui segera kita tindak lanjuti," ujar Hadi dalam jumpa pers bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu pagi.

Sebagai informasi pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tujuan Jakarta-Pontianak yang diperkirakan jatuh di sekitar perairan pulau Laki dan pulau Lancang Kepulauan Seribu, sekitar pukul 14.39 WIB, Sabtu (9/1).

Selain deretan pesawat yang dikoordinasikan dari Halim Perdanakusuma, TNI AU juga telah mengerahkan personel Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) Kodam Jaya, 4 KRI TNI AL, Personel Intai Amphibi (Taifib) dan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) bergerak pada Sabtu malam lalu bersama Basarnas.

(dmr/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK