DPR Belum Terima Surpres Jokowi soal Usulan Kapolri

CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 12:32 WIB
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan DPR dalam posisi menunggu surpres terkait calon kapolri tersebut. Wakil Ketua DPR RI/ Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memastikan belum menerima surat presiden (surpres) dari Jokowi terkait calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. DPR diketahui bakal kembali menggelar rapat paripurna untuk membuka masa sidang III tahun sidang 2020-2021.

"Sampai hari ini, DPR belum menerima surat dari presiden mengenai calon kapolri," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (11/1).

Dia menyatakan DPR dalam posisi menunggu surpres terkait calon kapolri tersebut saat ini. Menurutnya, DPR akan memproses surpres sesuai mekanisme yang berlaku bila sudah diserahkan oleh Jokowi. Dasco pun menegaskan pihaknya meyakini Jokowi akan mempertimbangkan masa purna tugas Idham yang jatuh pada 25 Januari 2021.


"Itu ada aturannya berapa hari. Tentunya, surat tersbeut akan datang sebelum masa batas jatuh temponya, mari kita tunggu saja," ucap Dasco

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap lima nama jenderal bintang tiga yang diusulkan oleh kompolnas kepada Jokowi sebagai pengganti Idham.

Mahfud mengatakan dari lima nama itu selanjutnya akan dipilih Jokowi untuk kemudian diajukan ke DPR RI sebagai rekomendasi. Pernyataan ini disampaikan Mahfud melalui akun Twitter resmi miliknya, @mohmahfudmd.

"Saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR," kata Mahfud seperti dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (8/1).

Nama lima polisi berpangkat komisaris jenderal yang diusulkan oleh Kompolnas adalah Wakapol Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, serta Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

(mts/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK