Akses Jalan Nasional di Kalsel Putus Diterjang Banjir

CNN Indonesia | Kamis, 14/01/2021 10:54 WIB
Petugas tengah berupaya memulihkan kondisi jalan nasional dengan penanganan darurat sementara agar akses penghubung kabupaten dan kota segera bisa dilalui. Ilustrasi. Akses jalan nasional penghubung antar-kabupaten dan kota terputus karena banjir. (Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ruas jalan nasional di Provinsi Kalimantan Selatan yang menghubungkan antar-kabupaten dan kota putus akibat diterjang banjir, Kamis (14/1) pagi.

Namun begitu menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Mokhammad Hilman, kerusakan bukan terjadi pada badan jembatan melainkan pada oprit atau urukan tanah jembatan.

"Benar jalan nasional tepatnya di Jalan A Yani km 55.500 Kecamatan Mataraman terputus karena oprit Jembatan Sungai Salim yang rusak tergerus air," ujar Hilman seperti dikutip Antara, Kamis (14/1).


Menurut Hilman yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Banjar itu, petugas dinas berupaya untuk memulihkan kondisi jalan nasional penghubung kabupaten kota tersebut.

"Kami sudah mengkoordinasikan dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Banjarmasin untuk segera memulihkan dengan memasang sheet file di jalan sehingga bisa dilintasi untuk sementara," ucap dia lagi.

Diketahui, jalan itu merupakan akses utama dari Kota Banjarmasin menuju kawasan Hulu Sungai di Kalimantan Selatan seperti Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong.

Hilman pun mengatakan, kini tindakan penanganan darurat terus dilakukan agar jalan nasional yang menjadi akses utama antar-kabupaten dan kota itu segera dapat dilintasi. Terutama, sebagai jalur evakuasi dan mobilisasi logistik.

"Kendalanya, trailer [truk] terjebak banjir di beberapa tempat sehingga tidak bisa memobilisasi dari Gudang PU Projakal di Banjarbaru. Namun sudah bisa diatasi trailer milik Pemkab Banjar untuk mengangkut material ke lokasi jembatan," tutur Hilman.

(Antara/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK