Elderberry, Buah Mungil Tinggi Antioksidan untuk Jaga Imun

Advertorial, CNN Indonesia | Sabtu, 23/01/2021 00:00 WIB
Nama elderberry mungkin belum sepopuler buah beri lain di Indonesia, seperti stroberi atau blueberry. Foto: Shutterstock
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama elderberry mungkin belum sepopuler buah beri lain di Indonesia, seperti stroberi atau blueberry. Meski begitu, buah elderberry memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir Healthline, elderberry dapat melawan gejala pilek dan flu, mendukung kesehatan jantung, melawan peradangan dan infeksi, serta masih banyak lagi. Berikut adalah manfaat kesehatan dari buah berukuran mungil ini.

1. Tinggi Nutrisi


Elderberry merupakan buah rendah kalori yang kaya akan vitamin C. Setiap 100 gram elderberry mengandung 6-35 mg vitamin C. Elderberry juga mengandung 7 gram serat setiap 100 gram buahnya.

Selain itu, elderberry juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti asam fenolik yang membantu mengurangi kerusakan akibat stres oksidatif dalam tubuh, flavonol yang mengandung antioksidan, dan antosianin yang juga merupakan antioksidan kuat dengan efek antiinflamasi.

2. Menyembuhkan Flu

Ekstrak elderberry terbukti mengurangi keparahan dan lamanya flu. Penelitian pada 60 orang dengan flu menyebut mereka yang mengonsumsi 15 ml sirup elderberry 4 kali sehari sembuh dalam 4 hari, sedangkan yang tidak mengonsumsinya sembuh dalam 7-8 hari.

Selain itu, ekstrak elderberry juga bermanfaat untuk mengurangi gejala demam, sakit kepala, nyeri otot, dan hidung tersumbat. Mengonsumsi elderberry bermanfaat untuk mengurangi berbagai gejala penyakit.

3. Tinggi Antioksidan

Antioksidan merupakan komponen alami makanan, termasuk beberapa vitamin, asam fenolik, dan flavonoid yang mampu menghilangkan molekul reaktif ini. Penelitian menunjukkan memenuhi kebutuhan antioksidan bisa membantu mencegah penyakit kronis.

Sementara itu buah, daun, dan bunga elderberry adalah antioksidan kuat. Penelitian menunjukkan status antioksidan pada seseorang meningkat dalam 1 jam setelah minum 400 ml jus elderberry.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Elderberry disebut memiliki efek positif pada beberapa penanda kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan jus elderberry bisa mengurangi tingkat lemak dalam darah dan menurunkan kolesterol.

Selain itu, elderberry juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Peningkatan asam urat dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan efek negatif pada kesehatan jantung.

5. Manfaat Kesehatan Lainnya

Selain manfaat-manfaat di atas, elderberry juga disebut memiliki khasiat untuk membantu melawan kanker, melawan bakteri berbahaya seperti helicobacter pylori yang menyebabkan penyakit sinusitis dan bronkitis, serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Elderberry juga bermanfaat untuk melindungi dari radiasi UV, meningkatkan buang air kecil, serta memiliki beberapa sifat antidepresan yang baik bagi tubuh.

Itulah beberapa khasiat kesehatan dari elderberry. Anda bisa memperoleh khasiat elderberry dengan mengonsumsi Amunizer.

Amunizer hadir sebagai ramuan herbal alami buatan Indonesia untuk membantu memaksimalkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Amunizer mengandung vitamin C 1.000 mg dan zinc untuk menjaga daya tahan tubuh secara maksimal sehingga tidak mudah sakit. Amunizer dilengkapi dengan beberapa herbal imun, seperti elderberry sebagai antioksidan, lonicera dan forsythia sebagai herbal anti virus, serta phyllantus yang dapat mencegah tubuh terserang dari virus dan bakteri.

adv

Saat ini Amunizer sedang melakukan kampanye bertajuk 'Amunizer untuk Indonesia Bangkit', dengan membagikan Amunizer Vitamin C 1000 mg secara gratis kepada para penderita COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik di sini.

Amunizer juga mudah dikonsumsi. Cukup minum Amunizer satu sachet setiap hari untuk bantu maksimalkan daya tahan tubuh Anda. Kini Amunizer mudah didapatkan di apotek, toko obat, Indomaret, Alfamart, supermarket, dan hypermarket terdekat. Bagi Anda yang lebih senang berbelanja online, Amunizer juga bisa dipesan melalui layanan e-commerce pada Enesis Official Shop di Shopee di tautan ini dan Tokopedia pada tautan ini.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi media sosial Instagram @amunizerindonesia atau Facebook Amunizer. Amunizer, Maksimalkan daya tahan tubuh!

(adv/adv)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK