Jokowi Terbang ke Kalsel, Cek Kondisi Korban Banjir

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 09:33 WIB
Presiden Joko Widodo akan bertolak menuju Kaliman Selatan untuk memantau langsung penanganan banjir, terutama soal distribusi bantuan. Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Kepresidenan/Laily Rachev)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo akan bertolak menuju Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini. Dia akan memantau kondisi setelah banjir Kalimantan Selatan yang terjadi, Rabu (13/1).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi ingin memastikan bantuan untuk warga tersalurkan. Ia juga akan mengecek kebutuhan warga yang belum dipenuhi pemerintah.

"Memastikan bantuan yang dibutuhkan sudah sampai dan akan melihat kebutuhan apa saja yang akan dapat dipenuhi oleh pemerintah pusat maupun pemda," kata Heru kepada CNNIndonesia.com, Senin (18/1).


Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi akan berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma. Ia akan bertolak dari Jakarta sekitar pukul 10.15 WIB.

Dalam kunjungan itu, Jokowi juga akan mengecek kerusakan yang terjadi akibat banjir Kalimantan Selatan. Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono akan mendampingi Jokowi selama kunjungan kerja ke Kalsel.

"Akan melihat sarana-prasarana yang terdampak dan tentunya pemerintah pusat melalui PUPR akan berkoordinasi lebih lanjut dan akan memperbaikinya segera," ujar Heru.

Sebelumnya, banjir melanda Kalimantan Selatan pada Rabu (13/1). Hujan yang mengguyur sekitar 12 jam membuat permukaan air naik hingga ketinggian 3 meter.

Berdasarkan catatan BNPB per Sabtu (16/1) sekitar pukul 18.00 WIB, banjir Kalimantan Selatan melanda 10 daerah. Sebanyak 112.709 jiwa terdampak dan mengungsi, serta 27.111 rumah terendam banjir.

(dhf/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK