Menag Yaqut Surati Arab Saudi Tanya Kepastian Haji 2021

CNN Indonesia | Senin, 18/01/2021 18:22 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil berharap wabah virus corona segera berakhir sehingga pelaksanaan ibadah haji 2021 berjalan normal seperti tahun sebelumnya, Ilustrasi ibadah haji. (128flashfire/Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengirim surat resmi ke Kerajaan Arab Saudi untuk menanyakan kejelasan ibadah haji tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19.

Yaqut berkata pihaknya sedang melakukan berbagai upaya guna mendapatkan kepastian haji. Selain bersurat ke Saudi, Kemenag juga mengadakan pertemuan dengan perwakilan Indonesia di Saudi.

"Melayangkan surat ke Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dalam rangka mendapatkan informasi tentang kepastian haji," kata Yaqut dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Kemenag di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/1).


Yaqut memahami Saudi belum bisa memberi kepastian soal haji. Sebab akhir pandemi Covid-19 juga belum diketahui.

Meski begitu, Kemenag tetap bersiap menyiapkan penyelenggaraan haji. Mereka kembali membuat tiga opsi jelang Haji 2021.

Opsi pertama, Indonesia mengirim jemaah haji dengan kuota penuh. Kedua, Indonesia mengirim sebagian jemaah haji untuk memastikan jaga jarak. Ketiga, Indonesia kembali tak mengirim jemaah haji.

"Meski sangat tergantung Pemerintah Arab Saudi, kita semua berharap wabah ini segera berakhir sehingga pelaksanaan ibadah haji 2021 berjalan normal seperti tahun sebelumnya," ucap Yaqut.

Pada 2020, Indonesia tidak mengirim jemaah haji. Padahal saat itu Indonesia punya 221 ribu kuota haji dari Saudi.

Keputusan itu diambil karena pandemi Covid-19 tak kunjung usai. Pemerintah pun membuka kesempatan bagi jemaah haji yang gagal berangkat untuk menarik sebagai dana yang telah disetorkan.

(dhf/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK