40 Komisioner KPU Pusat-Daerah Terpapar Covid di Pilkada 2020

CNN Indonesia | Selasa, 19/01/2021 14:48 WIB
Ada beberapa komisioner KPU tingkat daerah yang meninggal dunia usai terinfeksi virus corona. Ada 40 komisioner KPU tingkat pusat dan daerah yang positif terinfeksi virus corona selama gelaran Pilkada 2020 dihelat (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelaksana tugas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan sebanyak 40 komisioner KPU, baik di tingkat pusat atau daerah terpapar virus corona (Covid-19) selama penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

"Berdasarkan hasil monitoring yang kami lakukan ada juga staf dan ASN kami yang terpapar Covid-19. Ini ada total komisioner 40 orang," kata Ilham dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI, Selasa (19/1).

Ilham juga menyampaikan bahwa sejumlah komisioner KPU meninggal karena Covid-19. Terakhir ialah Ketua KPU Sumatera Selatan Kelly Mariana yang meninggal pada Minggu (17/1) lalu.


Kelly meninggal di Rumah Sakit Charitas Palembang setelah sempat terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebelumnya, Ketua KPU Tangerang Selatan, Banten, Bambang Dwitoro, juga meninggal karena Covid-19. Bambang meninggal pada 12 Desember 2020 atau tiga hari setelah hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2020.

"Hari Sabtu kemarin meninggal dunia Ibu Kelly Mariana, mohon doanya semoga beliau di terima di sisi Allah SWT," kata Ilham.

Selain komisioner KPU, lanjut dia, sejumlah tenaga ahli, operator dan pegawai lain KPU yang juga sempat positif terinfeksi Covid-19.

"ASN ada di atas 36 orang. Tenaga ahli, tenaga pendukung, dan tenaga operator 47 orang, Panitia adhoc 2020 yang kami terima laporannya 36 orang dan pegawai lain 26 orang," ujarnya.

(mts/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK