Kapolri dan Jenderal Senior Antar Listyo Fit and Proper Test

CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 10:54 WIB
Komjen Listyo Sigit menjalani fit and proper test di gedung DPR. Kapolri Jenderal Idham Azis dan sejumlah jenderal senior Polri turut mengantar Listyo ke DPR. Komjen Listyo Sigit. (CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolri Jenderal Idham Azis turut mengantar Komjen Listyo Sigit ke Gedung DPR RI untuk mengikuti fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) sebagai calon Kapolri di Komisi III. Menurut Idham,

"Saya baru saja mengantar Bapak Komjen Pol Listyo Sigit prabowo untuk menjalankan fit and proper test dalam rangka pencalonan beliau sebagai kapolri yang ke-25," kata Idham di Gedung DPR RI, Rabu (20/1).

Idham mengatakan, hal ini dilakukan untuk memberi pelajaran kepada generasi Polri bahwa pergantian Kapolri merupakan sebuah keniscayaan. Serta memberikan gambaran bahwa regenerasi di institusi Polri berjalan baik dan mulus.


Menurut Idham, dengan mengantarkan Listyo mengikuti uji kepatutan dan kelayakan ini, dirinya ingin menunjukkan bahwa internal Polri solid.

Terlebih, sejumlah senior Listyo di kepolisian turut mendampingi uji kepatutan dan kelayakan Listyo. Mereka di antaranya yakni Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, serta Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto,

Selain diantar oleh para senior, Listyo juga didampingi oleh rekan satu angkatan di Akademi Kepolisian 1991, Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, serta Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang juga alumni Akpol 1994 atau adik angkatan Listyo.

"Bisa melihat perwakilan angkatan yang merupakan senior Listyo Sigit ikut mendampingi. Saya juga. Kita punya kewajiban mengantar Komjen Listyo Sigit sampai nanti pelantikan beliau oleh Bapak Presiden, sampai menjadi Kapolri," kata Idham.

"Semoga pencalonan dan proses fit and proper test akan berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Listyo merupakan calon Kapolri tunggal yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang bakal memasuki masa purna tugas pada akhir Januari 2020. Nama Listyo sebagai calon Kapolri resmi diusulkan Jokowi ke DPR pada Rabu (13/1).

(dmr/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK