Lonjakan Kasus, Covid-19 RI Diprediksi Segera Tembus 1 Juta

CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 17:08 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia diprediksi akan segera tembus 1 juta seiring penambahan kasus harian yang berada di 13 ribu-14 ribu. Kasus covid-19 di Indonesia diprediksi akan tembus 1 juta dalam waktu dekat. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Syafrizal memprediksi Indonesia akan mencatat 1 juta kasus Covid-19 dalam waktu dekat. Prediksi itu merujuk pada laju kasus yang kian meningkat.

Syafrizal menyampaikan saat ini penambahan kasus per hari bisa mencapai 14 ribu kasus. Jika tidak ditekan, kata dia, jumlah kasus akan terus melonjak.

"Kalau kecepatan pertambahannya angka rata-rata per hari 13 ribu-14 ribu, maka dalam beberapa minggu saja kita akan menembus angka psikologi 1 juta penderita," kata Syafrizal dalam acara Sosialisasi Surat Edaran Nomor 903/145/SJ yang digelar secara virtual oleh Kemendagri, Rabu (20/1).


Syafrizal mengatakan, pemerintah sedang melakukan berbagai upaya untuk menekan laju kasus. Salah satunya, dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Ia menyampaikan kemungkinan pemerintah memperpanjang PPKM. Sebab laju kasus masih terus meningkat usai penerapan PPKM Jawa-Bali yang dimulai 11 Januari hingga 25 Januari mendatang.

"Setelah tanggal 25 Januari, akan diperpanjang kembali dua minggu ke depan sampai dengan angka menunjukkan penurunan atau pelandaian," ujarnya.

Saat ini, Indonesia telah mencatat 927.380 kasus positif Covid-19. Sebanyak 146.842 di antaranya adalah kasus aktif.

Laju pertambahan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Bahkan, Satgas Covid-19 mencatat jumlah kasus pekan ini naik 27,5 persen dari pekan sebelumnya. Catatan itu jadi yang terburuk sejak awal pandemi.

(dhf/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK