Wacana Pilkada DKI 2022 dan Kemunculan Para Pencari Panggung

CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 11:25 WIB
Berdasarkan draf revisi UU Pemilu, pilkada berikutnya bakal digelar pada 2022. Salah daerah calon penyelenggara adalah DKI Jakarta. Pengamat politik menilai bakal banyak tokoh politik yang 'mencari panggung' di DKI Jakarta untuk meningkatkan popularitas demi mempersiapkan diri menjadi peserta Pilkada DKI Jakarta jika jadi digelar 2022 (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peneliti Senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfarabi memprediksi bakal banyak tokoh politik banyak bermunculan 'mencari panggung' demi meraih simpati masyarakat terutama di DKI Jakarta.

Dia menduga hal tersebut berkenaan dengan wacana pelaksanaan Pilkada 2022 seperti tertuang dalam draf revisi UU Pemilu yang akan digodok DPR dan pemerintah. Salah satu daerah calon penyelenggara Pilkada 2022 adalah DKI Jakarta.

"Iya pasti, kalau normalnya harusnya tahun ini mulai ramai ya. karena tinggal setahun. Kalau Pilkada provinsi kan persiapannya lebih lama ya," kata Adjie kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (23/1).


Adjie mengatakan sudah pasti para tokoh-tokoh itu menempuh pelbagai upaya agar sosoknya dikenal warga Jakarta jelang Pilkada. Terlebih, angka populasi warga DKI Jakarta yang sangat banyak.

Pelbagai persiapan tentu dilakukan para tokoh itu sedini mungkin. Sebab, mereka membutuhkan waktu yang panjang demi menjangkau dan mengenalkan kepada warga Jakarta secara lebih luas.

"Karena populasi pemilihnya besar dan butuh waktu menjangkau pemilih yg banyak. Normalnya tahun ini [kandidat] harusnya mulai ramai ya," kata Adjie.

Adjie menilai saat ini sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih diunggulkan untuk maju kembali sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2022. Anies, kata dia, masih diuntungkan dengan statusnya sebagai Gubernur petahana untuk maju kembali di Pilgub.

"Dari sisi calon, Pak Anies msh diunggulkan. Sejauh ini belum ada tokoh-tokoh keliatannya terbuka menyatakan keinginannya untuk maju," kata Adjie.

Meski demikian, Adjie mengatakan ada peluang bagi nama-nama beken seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini hingga Komisaris Utama PT. Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk maju di Pilgub.

Nama Risma belakangan ini kerap kali disebut-sebut berpotensi menjadi calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2022. Terlebih, kegiatan Risma sebagai Mensos belakangan ini kerap disorot publik.

Adjie pun tak menafikkan bila berbagai kegiatan Risma belakangan ini sebagai indikasi awal untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Semisal Bu Risma ya. Dulu kan pernah diisukan maju di DKI. Beberapa waktu lalu kan kegiatan Bu Risma itu sebagai indikasi ada keinginan Bu Risma bertarung di DKI," kata dia.

Selain itu, Adjie menilai para partai politik yang berniat mengusung kadernya di Pilgub DKI Jakarta harus berfikir ekstra keras. Pasalnya, kandidat yang mereka usung nantinya berpeluang besar melawan Anies Baswedan bila memutuskan untuk maju kembali sebagai Calon Gubernur DKI 2022.

Para parpol, kata dia, harus menyiapkan tokoh yang memiliki reputasi dan rekam jejak lebih baik dibanding Anies untuk menjadi lawan tanding di Pilgub DKI mendatang.

"Jarena Pilgub DKI ada petahana untuk melawan Anies. Sehingga butuh sosok reputasi yang baik, track record, komunikasi publik yang baik dan bisa lebih baik dari Anies," kata Adjie.

Tak hanya itu, Adjie mengatakan tokoh yang menjadi rival Anies harus bisa mengambil basis massa pendukung Ahok saat digelarnya Pilgub DKI 2017 lalu. Ahoker, sebutan pendukung Ahok, menurutnya, masih sangat solid di DKI Jakarta.

"Cari juga tokoh yang bisa mengambil pemilihnya Ahok. Tokoh yang mudah diterima oleh pemilih Ahok," kata Adjie.

Berdasarkan draf revisi undang-undang pemilu dan pilkada yang masuk dalam program legislasi nasional (prolegnas) prioritas DPR 2021 mengatur tentang rencana Pilkada serentak selanjutnya pada tahun 2022 dan 2023.

Pilkada 2022 akan diikuti oleh 101 daerah yang menggelar pilkada pada 2017. Provinsi DKI Jakarta termasuk di antaranya.

(rzr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK