Terdengar Ledakan di Buleleng Bali, BMKG Pastikan Bukan Gempa

CNN Indonesia | Minggu, 24/01/2021 13:15 WIB
BMKG memastikan ledakan yang terdengar di Buleleng, Bali bukan aktivitas gempa tektonik. Ledakan dikabarkan terdengar di Kabupaten Buleleng, Bali. BMKG menyebut itu bukan gempa tektonik. Ilustrasi (Istockphoto/ DKosig)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ledakan dikabarkan terdengar di Kabupaten Buleleng, Bali, sekitar pukul 10.27 Wita. Suara ledakan tersebut terdengar oleh warga setempat cukup keras.

Alat sensor seismik miliki BMKG mencatat anomali gelombang seismik sekitar pukul 10.27 Wita. Fenomena tersebut diyakini bukan aktivitas gempa tektonik.

"Kami meyakini bahwa fenomena ini bukan aktivitas gempa tektonik karena dua sensor seismik lainnya yang lokasinya relatif dekat tidak mencatatnya," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono lewat akun Twitter, @DaryonoBMKG, Minggu (24/1).


Daryono lantas membagikan catatan sensor seismik BMKG di Singaraja, BUleleng, pada pukul 10.27 Wita. Menurutnya, sinyal tersebut bukan merupakan sinyal gempa tektonik.

"Sebagai tambahan informasi, sejak pukul 08.00 Wita s.d saat ini tidak ada event gempa di wilayah Bali," ujarnya.

Sebelumnya, informasi suara ledakan disampaikan oleh akun Twitter, @BaleBengong. Akun tersebut menyebut terjadi ledakan keras di Kabupaten Buleleng, Bali sekitar pukul 10.27 Wita.

"Hingga siang ini belum jelas apa penyebabnya, tetapi berdasarkan rekaman BMKG ada dugaan krn meteor atau ledakan di darat," tulis akun tersebut.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK