Ketum Projamin Ambroncius: Foto Pigai-Gorila Kritik Satire

CNN Indonesia | Senin, 25/01/2021 21:04 WIB
Terkait unggahan tersebut, Ambroncius Nababan mengaku siap berdamai dengan pihak-pihak yang merasa dirugikan, termasuk dengan Natalius Pigai. Aktivis Natalius Pigai. (Foto: CNN Indonesia/Gautama Padmacinta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi-Amin (Projamin), Ambroncius Nababan mengakui dirinya yang membuat unggahan foto mantan komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai yang disandingkan dengan gorila.

Dalam foto itu, Ambroncius menambahkan kalimat ilustrasi yang mengandaikan Pigai dan gorila tersebut sedang berdialog. Dalam salah satu ucapannya, gorila itu dibuat mengucapkan 'Kaka vaksin kita bukan sinovac'pfizer. Vaksin kita vaksin rabies'.

"Percakapannya saya yang buat. Itu saya akui saya yang buat. Sifatnya itu satire, kritik satire," kata Ambroncius di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (25/1).


Ambroncius mengaku geram melihat sikap Pigai menolak vaksinasi Covid-19 secara terbuka kepada publik. Menurutnya, sikap Pigai itu merepotkan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Politikus Hanura itu menolak jika unggahan tersebut dianggap tindakan rasial terhadap rakyat Papua. Ia mengaku hanya mengambil gambar serupa yang pernah diunggah orang lain di media sosial.

"Sebenarnya gambar itu, sebenarnya itu saya kutip, saya copas (copy paste). Itu bertepatan, saya ketemu ada (akun) Fatimah rupanya. Itu dia posting juga, tapi tidak dibilang dia rasisme dan saya cari yang lain-lain, banyak juga rupanya. Tapi tidak pernah dikatakan orang itu rasis," ujarnya.

Terkait unggahan tersebut, Ambroncius mengaku siap berdamai dengan pihak-pihak yang merasa dirugikan, termasuk dengan Pigai.

Sebelumnya, Pigai mengaku mendapat perlakuan dugaan rasial. Pigai mengunggah foto tangkapan layar berisi muatan rasial di akun Facebook Ambroncius Nababan.

Di dalamnya foto tersebut, Pigai disandingkan dengan gorila disertai komentar terkait vaksinasi.

Unggahan tersebut kini tengah diselidiki oleh Bareskrim Polri. Ambroncius pun langsung menyambangi Bareskrim hari ini untuk menjalani pemeriksaan sebagai terkait unggahan tersebut.

(mjo/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK