Ali Lubis: Kalau Anies Tak Sanggup Urus Covid-19, Mundur Dong

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 09:50 WIB
Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur, Ali Lubis tak akan menarik pernyataannya yang meminta Anies Baswedan mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Jakarta Timur, Ali Lubis menyatakan tak akan menarik pernyataannya yang meminta Anies Baswedan mundur dari jabatan Gubernur DKI Jakarta.

Ali menyampaikan kritik itu atas nama pribadi, bukan partai. Namun Ali menerima teguran dari DPP Partai Gerindra sebagai evaluasi bagi dirinya sendiri.

"Ya, iya [tak akan menarik ucapan]. Kan, kalau itu secara pribadi. Nah, kalau soal itu [teguran] kita terima sebagai kader. Memang seperti itu mekanismenya," kata Ali kepada CNNIndonesia.com, Selasa (26/1).


Ali mengatakan kritikan itu dilontarkan untuk merespons rencana Anies yang meminta pemerintah pusat mengambil alih penanganan Covid-19 di Jabodetabek.

Menurutnya, rencana Anies itu memberi kesan bahwa Pemprov DKI Jakarta tak sanggup lagi menangani Covid-19 selama ini.

"Bagi saya, ya itu terkesan kalau enggak sanggup ya ngapain. Ya, mundur dong. Itu kan seperti lempar tanggung jawab ke pusat namanya. Itu alasannya," kata Ali.

Ali menilai alasan Anies meminta pemerintah pusat ambil alih penanganan corona agar fasilitas kesehatan di Rumah Sakit di sekitar daerah penyangga Jakarta ditingkatkan juga tidak tepat.

Ali menilai pasien positif corona dari luar Jakarta sengaja datang ke Jakarta karena melihat masih banyak Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jakarta.

Hal itu turut tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 492 tahun 2020 tentang perubahan atas Keputusan Gubernur Nomor 378 tahun 2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Coronavirus Disease (Covid-19).

"Kan, selama 1 tahun ini berbagai macam pemberitaan DKI selama ini kan hebat dalam penanganan Covid. Dengan anggaran besar, aturan banyak, ada sanksi-sanksi. Tapi tiba-tiba diujung cerita dia lempar ke Pusat, ini sama seperti 'lu ngapain aja selama ini? Kalau enggak sanggup mundur dong," kata dia.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad telah menegur Ali Lubis yang meminta Anies mundur dari jabatannya usai dianggap tak mampu mengendalikan penyebaran virus corona. Dasco menyatakan kritik yang disampaikan Ali merupakan pendapat pribadi.

Tak hanya Dasco, teguran turut dilayangkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman terkait kritik tersebut.

"Untuk masalah ketua DPC sendiri itu sudah diberikan arahan langsung oleh Wakil Ketua Umum Pak Habiburokhman, dan sudah diberikan semacam [teguran], diingatkan," kata Dasco di Balai Kota, Senin (25/1).

(rzr/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK