Menkes Ajak Warga Merenung Usai Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 17:54 WIB
Selain total kasus Covid-19, Menkes Budi Gunadi juga menyoroti kematian yang mencapai 28.468 orang. Menkes Budi Gunadi Sadikin ajak semua pihak merenung setelah kasus Covid-19 tembus 1 juta orang hari ini, Selasa (26/1). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak semua pihak merenung setelah kasus positif virus corona (Covid-19) tembus 1 jatu orang. Dari jumlah itu, sebanyak 820.356 orang dinyatakan sembuh dan 28.468 orang lainnya meninggal dunia.

"Angka ini memiliki makna dua hal yang harus kita sadari. Angka ini membuat kita harus merenung, dan ada dua momen penting yang harus kita sadari," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1).

Budi menyebut semua pihak juga harus berduka lantaran puluhan ribu orang meninggal terpapar Covid-19, termasuk 600 tenaga kesehatan yang menjadi korban selama pandemi ini.


"Sehingga pengorbanan rekan-rekan kita, terutama tenaga kesehatan tidak sia-sia. Bagaimana kita harus bekerja keras ke depannya, bekerja sangat keras, bekerja ekstra keras," ujarnya.

Hari ini, kasus positif Covid-19 tembus 1.012.350 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 820.356 orang dinyatakan telah pulih, 163.526 orang menjalani perawatan di RS atau isolasi mandiri, sementara 28.468 orang lainnya meninggal dunia.

Lonjakan kasus positif Covid-19 terjadi sejak masuk Januari 2021. Jumlah kasus positif baru beberapa kali berada di atas angka 10 ribu dalam satu hari.

Sejumlah daerah pun sudah kekurangan ranjang khusus pasien virus corona yang membutuhkan perawatan. Tingkat keterisian atau bed occupancy rate rumah sakit sudah mencapai 80 persen di beberapa daerah.

Selain RS, di Jakarta lahan makam juga mulai terisi penuh. Pemprov DKI Jakarta kini kembali membuka lahan baru untuk dijadikan tempat terakhir para pasien virus corona yang meninggal dunia.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengendalikan virus, mulai dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PSBB proporsional, hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat ini.

(khr/dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK