Jokowi Lantik Listyo jadi Kapolri usai Disuntik Vaksin Besok

CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2021 20:54 WIB
Vaksinasi dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, pagi hari lalu pelantikan kapolri diselenggarakan di Istana Negara. Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri baru pada Rabu, 27 Januari 2021 . (Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) besok, Rabu (27/1). Listyo akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan pensiun akhir bulan ini.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono berkata pelantikan kapolri baru digelar usai Jokowi menjalani vaksinasi Covid-19 kedua.

"Pelantikan Kapolri juga rencananya akan dilakukan besok, setelah Bapak Presiden menerima vaksinasi," kata Heru lewat keterangan tertulis, Selasa (26/1).


Heru menyampaikan vaksinasi dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, pagi hari. Lalu pelantikan kapolri diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta.

Listyo Sigit Prabowo adalah calon tunggal kapolri yang diajukan Jokowi ke DPR. Ia telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI pada Rabu (20/1).

Pada uji kelayakan itu, Listyo mengusung makalah "Transformasi Menuju Polri yang Presisi". Presisi merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas, transparasi berkeadilan.

Seluruh fraksi sepakat terhadap pencalonan Listyo. Keputusan itu pun disahkan lewat Sidang Paripurna DPR RI pada Kamis (21/1).

Keesokan harinya, DPR RI langsung mengirim surat persetujuan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, Jumat (22/1). Surat itu juga menyetujui pemberhentian secara terhormat Jenderal Idham Azis dari jabatan Kapolri.

Listyo saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Ia juga dikenal pernah menjadi ajudan Jokowi.

Sementara Idham Azis telah menjabat sebagai pucuk pimpinan Korpa Bhayangkara pada 1 November 2019. Idham akan mengakhiri masa baktinya di Polri pada 30 Januari 2021.

(dhf/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK