Emil Dardak Sempat Demam Usai Disuntik Vaksin Covid Pertama

CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2021 12:35 WIB
Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak sempat demam 37,8 derajat setelah disuntik vaksin Covid-19 pertama kali. Kini dia merasa lebih rileks. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Kamis (28/1). (CNN Indonesia/Farid)
Surabaya, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Kamis (28/1). Meski begitu ia mengaku sempat mengalami demam dengan suhu tubuh 37,8 derajat selama jangka waktu usai menjalani vaksinasi tahap pertama pada 14 Januari lalu.

Hal itu diceritakan Emil usai menjalani vaksinasi tahap kedua di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya. Selain demam, ia juga mengaku sempat mengalami kantuk selama beberapa hari.

"Ngantukan beberapa hari, antibodi kita lagi ditempa, agak sumeng-sumeng (demam) saya pernah mendekati 37,8 derajat memang agak anget dari biasanya, tapi habis makan hilang," kata Emil, Kamis.


Terlepas itu, Emil mengaku kondisi tubuhnya tetap dalam keadaan bugar dan tak mengalami masalah yang berarti. Ia juga tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

"Enggak ada masalah, badan kita beradaptasi sedikit tapi enggak ada yang sampai mengganggu, kita tetap beraktivitas tetap produktif bahkan pascavaksinasi," ucap dia.

Saat menjalani proses vaksinasi kedua tadi, Emil juga mengaku lebih rileks. Tensi darahnya pun lebih rendah dibanding saat vaksinasi yang pertama lalu. "Kemarin 133, sekarang 120," ujarnya.

Meski begitu, Emil menyebut bahwa suntikan vaksin kedua ini juga terasa lebih sakit ketimbang saat ia menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama 14 Januari lalu.

"Jadi lebih terasa suntikannya. Kemarin enggak terasa. Tadi agak terasa sedikit. Efeknya sekarang ya standar pegel-pegel ngilu, dan itu wajar. Saya sudah selesai 30 menit observasi, dan dianggap baik-baik saja," kata dia.

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua diikuti oleh sejumlah Forkopimda Jatim, di antaranya yakni Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Wakil Kapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto.

Kemudian ada pula Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, lalu tokoh YouTuber Bayu Eko Moektito serta Influencer cum pengusaha muda Tomli Wafa.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tak tampak dalam kesempatan itu. Kabar terakhir ia disebut masih menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19. Meski begitu ia sempat memantau secara virtual dan memberikan sambutan via daring.

Dalam sambutanya, Khofifah menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta vaksinasi yang hadir. Ia berharap dengan ini seluruh elemen bisa berkomitmen untuk merampungkan vaksinasi bagi nakes dan masyarakat secara umum.

"Saya mohon seluruh komitmen kita semua, bahwa vaksinasi untuk SDMK bisa kita tuntaskan, setelah itu vaksinasi untuk masyarakat yang lain," kata Khofifah.

(frd/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK