Saiq Aqil: Kapolri Listyo Sigit Warga NU Cabang Nasrani

CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2021 18:54 WIB
Ketua Umum PBNU Said Aqil mengaku telah mengenal lama Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Ia menyebut Listyo adalah warga NU cabang Nasrani. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambangi PBNU. (Foto: CNN Indonesia/Melani Putri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengatakan sudah mengenal lama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Baginya, Listyo ialah warga NU cabang Nasrani.

Pernyataan itu disampaikan saat Listyo menyambangi Kantor PBNU di Salemba, Jakarta Pusat pada Kamis (28/1).

"Bagi saya, Pak Sigit ini sudah tidak asing lagi, bahkan bisa dikatakan warga NU cabang Nasrani," kata Said di depan Kantor PBNU.


Said juga bercerita dirinya sudah mengenal Listyo sejak masih menjabat sebagai Kapolres Pati, Jawa Tengah. Ia juga selalu berjumpa dengan Listyo saat masih menjadi Kapolda Banten.

Menurutnya, Listyo merupakan seorang perwira polisi yang profesional dan menghormati kiai.

"Selama ini saya tahu beliau sangat hormat dengan kiai, dengan para ulama di Banten, dengan KH Maruf Amin sebelum menjadi Wapres sudah sangat dekat," ujarnya.

Lebih lanjut, Said mengatakan akan bekerja sama membantu Polri dalam memperkuat keutuhan NKRI.

"Kerja sama kita tingkatkan, demi merawat, mengawal, menjaga keutuhan NKRI," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Listyo mengatakan tujuan kedatangannya ke PBNU selain untuk bersilaturahmi adalah mensinergikan program-program yang akan dijalankan di waktu mendatang.

"Penting bagi kami untuk berkunjung ke salah satu ormas muslim paling besar, salah satunya dalam rangka mensinergikan program-program yang akan kita laksanakan ke depan," kata Listyo.

Mantan Kabareskrim itu menyampaikan, dukungan PBNU sebagai ormas muslim terbesar sangat dibutuhkan oleh Polri. Ia juga menyampaikan terimakasih karena PBNU telah memberikan dukungan penuh pada Polri.

"Dalam kesempatan ini kami sangat berterimakasih beliau [Said Aqil] memberikan support penuh polri bersama-sama untuk bisa melaksanakan program dalam rangka menjaga stabilitas kamtibmas kita," ucapnya.

Listyo tiba di PBNU sekitar pukul 16.21 WIB. Begitu tiba, ia langsung disambut oleh Ketua PBNU Marsudi Syuhud, dan Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini. Sementara Said Aqil menunggu di ruangan.

Dalam kunjungan tersebut, Listyo didampingi Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi, Kadiv Propam Brigjen Pol Ferdy Sambo, dan Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi yang sudah hadir di Kantor PBNU sejak pukul 15.46 WIB.

Listyo baru saja dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (27/1) kemarin. Ia menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada Februari mendatang. 

(mln/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK