Abu Janda soal Evolusi Natalius Pigai: Rasisnya di Mana?

CNN Indonesia
Jumat, 29 Jan 2021 18:29 WIB
Permadi Arya alias Abu Janda merasa tak melakukan kesalahan apapun dalam membuat pernyataan soal evolusi Natalius Pigai. Permadi Arya alias Abu Janda mengklaim ucapan 'evolusi' ke mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai bukan tindakan rasial. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Permadi Arya alias Abu Janda mengaku heran pernyataannya soal 'evolusi' saat mendebat mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai bisa dilaporkan ke polisi.

Abu Janda mengklaim tak ada pernyataan rasial atau ujaran kebencian dalam cuitannya itu. Ia merasa tak melakukan kesalahan apapun dalam membuat pernyataan tersebut.

"Aku dibilang rasis, rasisnya di mana? Ini jelas pelintiran, ini framing jahat ini," kata Abu Janda kepada CNNIndonesia.com, Jumat (29/1).

Abu Janda mengklaim kata 'evolusi' yang ia gunakan tidak bernada rasisme. Ia mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa evolusi berarti berkembang.

Abu Janda membantah penggunaan kata 'evolusi' sebagai upaya mengaitkan Pigai dengan kera. Menurutnya ketika itu, ia tak sedang membahas teori evolusi dari Charles Darwin.

"Saya orang muslim. Muslim meyakini Nabi Adam manusia pertama di bumi. Kita tidak percaya sama teori Darwin, yang percaya dengan teori Darwin cuma ateis," ujarnya.

Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Kasus Pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Kota Yogyakarta Natalius Pigai. CNN Indonesia/Gautama Padmacinta.Natalius Pigai. CNN Indonesia/Gautama Padmacinta.

Abu Janda menuding ada upaya sejumlah pihak menggiring bahwa cuitannya bernada rasial. Ia menilai tindakan melaporkan dirinya juga politis.

"Ini ada motif dendam politik karena si Haris Pertama itu, ketuanya (KNPI), pembela FPI militan," katanya.

"Wajar dia sakit hati FPI dibubarin, sakit hati Rizieq masuk penjara, dia pengen bales dendam. Kalau bisa mata dibalas mata, pengen aku masuk juga," ujarnya.

Sebelumnya, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) melaporkan cuitan Permadi Arya alias Abu Janda ke Bareskrim Polri. Mereka mempermasalahkan cuitan Permadi saat mendebat Natalius Pigai.

Laporan tersebut teregister dengan nomor LP/B/0052/I/Bareskrim tertanggal 28 Januari 2021.

Ketua Bidang Hukum DPP KNPI, Medya Rischa Lubis menyebut cuitan itu bernuansa ujaran kebencian yang berbalut SARA. Selain itu, kata Medya, kata-kata evolusi yang disampaikan Abu Janda merupakan penghinaan bentuk fisik bagi masyarakat yang menempati satu wilayah dengan Pigai.

"Kata-kata evolusi itulah yang jadi garis bawah bagi kami untuk melaporkan akun @permadiaktivis karena diduga telah menyebarkan ujaran kebencian" ucap Medya.

Abu Janda pun angkat suara atas laporan tersebut lewat akun Twitternya. Dalam cuitan itu, Abu Janda turut mengunggah sebuah video berisi pernyataan Pigai yang dinilai bersikap rasis ke etnis Jawa.

"Mau maen lapor-laporan ke polisi isu rasisme bang @harisknpi? Yuk, maen kita. Kita lihat laporan siapa yang diproses," cuit Abu Janda di akun Twitternya.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER