Menag Minta Umat Konghucu Gelar Imlek Virtual Imbas Pandemi

CNN Indonesia | Kamis, 04/02/2021 11:50 WIB
Menag Yaqut Cholil meminta umat Konghucu merayakan Imlek secara virtual di tengah pandemi Covid-19. Menag Yaqut Cholil meminta umat Konghucu merayakan Imlek secara virtual di tengah pandemi. (Foto: CNN Indonesia/Zai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta umat Konghucu merayakan Tahun Baru Imlek yang akan jatuh pada 12 Februari 2021 secara virtual dan sederhana karena masih dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19).

"Indonesia dan dunia kini sedang menghadapi pandemi. Saya kira umat Konghucu harus mawas diri bahwa perayaan Imlek bisa dirayakan dengan cara sederhana," kata Yaqut dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2).

Yaqut memahami bila Tahun Baru Imlek kerap kali digelar secara semarak dan bergembira oleh umat Konghucu. Terlebih, semaraknya perayaan itu identik dengan atraksi Barongsai hingga ajang silaturahmi ke sanak saudara pada momentum tersebut.


Meski demikian, Ia menyarankan agar umat Konghucu dapat melaksanakan silaturahmi secara virtual saat perayaan Imlek.

Yaqut menilai pemanfaatan teknologi informasi untuk bersilaturahmi saat pandemi tak akan mengurangi esensi dari perayaan Imlek tersebut.

"Saya sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh Konghucu. Agar dilaksanakan secara sederhana dan virtual dan itu tak mengurangi makna Imlek," kata dia.

Selain itu, Yaqut turut berpesan agar umat Konghucu menjadikan Tahun Baru Imlek sebagai momentum untuk melakukan refleksi diri.

Ia juga mengajak agar umat Konghucu terus mendoakan agar Indonesia dan dunia bisa terbebas dari pandemi virus Corona.

"Kami pemerintah juga menekankan agar perayaan Imlek dijadikan momentum buat saudara kita umat Konghucu dan Tionghoa untuk melakukan refleksi diri, bisa jadi manusia yang lebih baik seiring dengan datangnya tahun baru," kata dia.

(rzr/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK