Rektor Paramadina Firmanzah Meninggal Dimakamkan Usai Zuhur

CNN Indonesia
Sabtu, 06 Feb 2021 10:25 WIB
Jenazah Rektor Universitas Paramadina Firmanzah akan dimakam usai solat zuhur, Sabtu (6/2). Firmanzah wafat karena vertigo tadi pagi. Rektor Universitas Paramadina Firmanzah meninggal dunia karena vertigo. (CNN Indonesia/Yuli Yanna Fauzie).
Jakarta, CNN Indonesia --

Jenazah Rektor Universitas ParamadinaFirmanzah akan dimakam usai solat zuhur, Sabtu (6/2). Eks staf khusus Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bidang Ekonomi itu meninggal dunia tadi pagi.

Pihak keluarga menginformasikan jenazah Firmanzah akan disemayamkan terlebih dulu di rumah duka di Taman Parahyangan Golf, Jalan Situ Indah Golf Nomor 12 Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat.

Firmanzah meninggal dunia, Sabtu (6/2) pagi. Dia tutup usia karena penyakit vertigo.


Kabar tersebut dikonfirmasi akademisi Universitas Paramadina Hendri Satrio.

"Benar, meninggal pagi ini. Kabar dari pihak keluarga karena vertigo," kata Hendri kepada CNNIndonesia.com.

Firmanzah lahir di Surabaya, 7 Juli 1976 dan mulai dikenal setelah diangkat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia periode 2009-2013. Pada saat itu usianya baru 32 tahun sehingga tercatat sebagai dekan termuda yang pernah menjabat di kampus tersebut.

Anak ke delapan dari sembilan bersaudara itu menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Usai lulus, ia sempat menjadi asisten dosen di tempat yang sama sebelum melanjutkan studi di Universitas Lile, Perancis.

Pada 2005 Firmanzah menyelesaikan program doktor dalam bidang manajemen internasional dan strategis di Universitas Pau and Pays De l'Adour. Lulus program doktoral, Firmanzah mengajar setahun di Prancis hingga akhirnya memutuskan pulang ke tanah air dan bekerja di UI pada 2005.

Selain sebagai akademisi, Firmanzah juga pernah menjabat sebagai Staf Khusus Bidang Ekonomi dan Pembangunan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak 2009 hingga 2014. Usai pergantian rezim, ia kembali ke dunia akademik dan sempat bersaing untuk duduk di kursi rektor UI.

(hrf/sur)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER